PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA SISWA FASE B SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02`.29626Keywords:
Pendidikan nilai kebangsaan, sekolah dasar, siswa fase BAbstract
Fenomena lunturnya pemahaman nilai-nilai kebangsaan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan nilai-nilai kebangsaan pada siswa Fase B di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dari 8 partisipan yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas IV B, dan siswa dengan tingkat kemampuan beragam. Validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan nilai-nilai kebangsaan dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan melibatkan kolaborasi guru dan kepala sekolah dalam menyusun modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan. Tahap pelaksanaan mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif melalui persiapan sumber belajar kontekstual, pembentukan kelompok kerja, dan pelaksanaan proyek nyata. Tahap evaluasi menggunakan pengamatan partisipasi, sikap, dan keterlibatan siswa. Fokus pada aspek cinta tanah air dan gotong royong menunjukkan hasil positif signifikan. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme dalam kegiatan simbolik kebangsaan, ketertarikan terhadap simbol dan budaya Indonesia, serta kesediaan membantu teman dan keterlibatan aktif dalam kegiatan kolaboratif. Penelitian membuktikan bahwa pendekatan terintegrasi dapat membentuk karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila.Downloads
References
Chervony, C. & Mahmudah, F. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Biormatika Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 156-164.
Dewi, D., Furmasari, Y., Septianingrum, A., & Yunianti, V. (2021). Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Penguat Sikap Bela Negara Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4683-4688.
Farid, A. & Rugaiyah, R. (2023). Manajemen Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2470-2484.
Hidayat, N., Tanod, M., & Prayogi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4910-4918.
Rahmat, Z. (2021). Analisis Konsepsi Manajerial Dan Kompetensi Kepala Sekolah Berlatar Belakang Guru Olahraga Se-Kota Banda Aceh. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 87-100.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kemendikbudrisktek. (2024). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryani, R., & Widyastuti, R. (2023). Implementasi pendidikan karakter melalui proyek berbasis Pancasila dalam penguatan profil pelajar. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 88-102
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Suharto, T. (2020). Filsafat Pendidikan Islam:Menguatkan Epistemologi Islam Dalam Pendidkan. ogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyanto, S. (2023). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1–10.
Subekti, T., & Sumarlam, S. (2017). Nilai Karakter Kebangsaan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.
Wahyudi, J., Wahaniputri, V., & Berlianza, S. (2023). Penguatan Nasionalisme Pelajar Dan Mahasiswa Melalui Forum Literasi Kebangsaan. Surya Abdimas, 7(2), 328-337
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.