PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA DI KELAS IV SD

Authors

  • Desita Novi Universitas Jambi
  • Maria Qibtiah Universitas Jambi
  • Adinda Farazwati Universitas Jambi
  • Widia Lestari Manurung Universitas Jambi
  • Hardian Saputra Universitas Jambi
  • Destrinelli Universitas Jambi
  • Desy Rosmalinda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27226

Keywords:

Student Participation, IPAS Learning, Canva Media

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui pemanfaatan media visual digital Canva pada siswa kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan oleh perilaku pasif, kurangnya keberanian untuk bertanya, serta minimnya keterlibatan dalam diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Pada siklus I, partisipasi siswa meningkat dari rata-rata 45,56% menjadi 73,33%, sedangkan pada siklus II mencapai 86,90%. Indikator partisipasi yang diamati meliputi kemampuan mengemukakan pendapat, keterlibatan dalam diskusi, kerja sama dalam kelompok, dan sikap menghargai pendapat teman. Penggunaan media Canva yang dipadukan dengan model Problem Based Learning (PBL) menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, kontekstual, dan interaktif. Canva membantu memvisualisasikan konsep abstrak, mendorong kolaborasi antar siswa, serta meningkatkan motivasi belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media Canva Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPAS serta sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman. Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Pembelajaran IPAS, Media Canva

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASHAR, W, M. F., & ISKANDAR, A.

A. (2016). Pemanfaatan Media

Audio-Visual Berbasis AplikasiCanva Pada Pembelajaran IPAS

Dalam Meningkatkan Minat

Belajar Siswa. 4(3), 1–23.

Bella, K. T. (2024). Hubungan Antara

Minat Belajar Dengan Hasil

Belajar Pada Mata Pelajaran IPA

Siswa SDS Amkur Bengkayang.

4(4), 588–592.

Ekantini, I. D. W. A. (2023).

Implementasi Kurikulum

Merdeka Pada Pembelajaran

IPAS MI/SD. 08(September),

2100–2112.

Fatimah, H. F., Widiastuti, L., Juliati,

S., Alvin, M., & Afendi, A. H.

(2025). Penerapan Media Matur

dalam Peningkatan Hasil Belajar

Siswa Sekolah Dasar. 07(02),

11879–11888.

Haris Budiman. (2017). Peran

Teknologi Informasi Dan

Komunikasi Dalam Pendidikan.

Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan

Islam, 8(1), 31–43.

Hendrizal. (2020). Rendahnya

Motivasi Belajar Siswa Dalam

Proses Pembelajaran. Jurnal

Riset Pendidikan Dasar Dan

Karakter, 2(1), 44–53.

https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/

pdk/article/view/57/48

Indonesia, K. B. B. (2015). Kamus

Bahasa Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia.

(2018). Peraturan Menteri

Pendidikan Dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 37

TAHUN 2018. JDIH

Kemendikbud, 2025, 1–527.

Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2021).

The Cambridge Handbook of

Multimedia Learning. The

Cambridge Handbook of

Multimedia Learning, January.

https://doi.org/10.1017/97811088

94333

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H.,

Mudzanatun, M., & Isnuryantono,

E. (2023). Penggunaan Aplikasi

Canva dalam Media

Pembelajaran Matematika di

Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar, 11(1).

https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1

.72716

Nasution, E. M., Suci, F. P., & Rafiq,

M. (2023). Penerapan Ruang

Lingkup Pembelajaran Ips Di

Sekolah Dasar. Pema (Jurnal

Pendidikan Dan Pengabdian

Kepada Masyarakat), 2(3),

188–193.

https://doi.org/10.56832/pema.v2

i3.305

Nawa, K., Sirait, D., Yarshal, D., &

Siregar, N. S. (2025). Pengaruh

Culturally Responsive Teaching

Terhadap Partisipasi Dan

Motivasi Siswa Dalam

Pembelajaran IPAS Kelas V

SDN 060812 Medan keterlibatan

dan prestasi belajar siswa ,

penerapannya dalam mata

pelajaran IPAS di sekolah. 6(1),

120–128.

Ningrum, S. P. (2024). Pengaruh

Penggunaan Media Video

Animasi Berbasis Aplikasi Canva

Terhadap Hasil Belajar IPAS.

13(4), 4961–4968.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan

Aplikasi Canva Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Dan

Sastra Indonesia Jenjang

SMA/MA. Jurnal SasindoUnpam, 8(2), 79–96.

http://www.openjournal.unpam.a

c.id/index.php/Sasindo/article/vie

w/8354

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S.

(2014). penggunaa media audio-

Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam Di Sekolah

Menengah Pertama Negeri 1

Pacitan. Jurnal Teknologi

Pendidikan Dan Pembelajaran,

2(2), 127–144.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/

Sagendra, B. (2022). Proyek IPAS

(Ilmu Pengetahuan Alam dan

Sosial).

1–59.https://drive.google.com/dri

ve/folders/1hWJF_aa1QJKc2POt

F71rOwp__WyBbgKZ

Supriyono. (2018). Pentingnya Media

Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Minat Belajar

Siswa SD. Journal on Teacher

Education, II(1), 215–222.

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.

23657

Yusnaldi, E., Sihotang, A. S., Rizqi, I.

H., & Anggraini, N. (2025). Peran

Media Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Minat Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial. 5(1),

80–89.

Zainuddin, M. (2017). Model

Pembelajaran Kolaborasi

Meningkatkan Partisipasi Siswa ,

Keterampilan Sosial , dan

Prestasi Belajar IPS. 3, 75–83.

Downloads

Published

2025-07-08

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4