PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN NO. 003/IX SENAUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22687Keywords:
keaktifan belajar, model pembelajaran, kooperatif, kancing gemerincingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, dan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di kelas V SDN No. 003/IX Senaung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran menggunakan tahapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru selama II siklus. Proses pembelajaran terlaksana tepat sasaran sesuai langkah pembelajaran serta peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik sesuai intruksi.Downloads
References
Agus Purnomo, D. (2022). Pengantar Model Pembelajaran.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Azizah, M., Gummah, S., & Sukroyanti, B. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 127. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.113
Dianisa, L., Maryono, M., & Budiono, H. (2024). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi (Collaboration) Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 578–587. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1459
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 01, 51–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453
Murti, W., & Anas, M. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING (Talking Chips) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Biotek, 8(2), 80. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Sujaunah, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 157 Kota Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 240. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5073
Suryana, A., & Assyifa Nur Aqilah, D. (2022). Desain Pembelajaran Kooperatif Learning Teknik Kancing Gemerincing pada Bahasa Indonesia Kelas V. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.1406
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.