PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23827Keywords:
Napier Rod, Multiplication, Numeracy SkillsAbstract
Pembelajaran matematika, khususnya pada materi perkalian, masih menjadi tantangan bagi siswa kelas III SDN 36/I Kilangan. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian, terutama dengan angka yang lebih besar, serta bergantung pada alat bantu hitung. Selain itu, media pembelajaran belum dimanfaatkan secara optimal oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Batang Napier dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian serta menganalisis peningkatan kemampuan siswa setelah menggunakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Batang Napier dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa secara signifikan. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat dari 22,22% pada pertemuan pertama menjadi 40% pada pertemuan kedua. Pada siklus II, ketuntasan klasikal naik dari 55,55% menjadi 88,88%. Selain itu, hasil tes juga menunjukkan peningkatan, di mana rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 81,11% pada siklus II. Dengan pencapaian ketuntasan klasikal yang melebihi kriteria keberhasilan (70%), penggunaan media Batang Napier terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika guna membantu siswa memahami konsep perkalian dengan lebih baik.Downloads
References
Angelica, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry berbantuan Media Batang Napier terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas IV MIS Asthoffaina. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(1), 100–104. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1414
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Mawati, Y. T., Muzakki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 39–59. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.357
Nabila, A. R., Putri, D. P., Erawati, P., & Marini, A. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Online Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Ningsih, I. F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Batang Napier Di Kelas II SD (Improvement Mathematics Through Napier Bones Media in Class II SD). Basic Education, 7(26), 2.523-2.531.
Putri, L. N., Suastika, I. K., & Dyah Tri Wahyuningtyas. (2019). Pengaruh Media Batang Napier Pada Model Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di SDN Bandungrejosari 03 Malang. Seminasr Nasional PGSD UNIKAMA, 3(November), 494–501.
Rifa‘i, A. Y., & Dkk. (2020). 28 Cara Senang Belajar Matematika. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Riyanto, Yatim.2001. Metodologi Penelitian. Surabaya: SIC.
Setiawan, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawan, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.