PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Verny Nur Hoiriyah Universitas Jambi
  • Yantoro Universitas Jambi
  • Ahmad Syarif Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25207

Keywords:

Learning Discipline, Curiosity, Learning Achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh kedisplinan belajar terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran IPA. (2) Mengetahui pengaruh rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran IPA. (3) Mengetahui pengaruh kedisplinan belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar dalam pelajaran IPA. Meode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain teknik skala ex-post facto. Populasi penelitian ini sebesar 57 siswa kelas V dari Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Tetapi sampel yang digunakan untuk penelitian ini 50 siswa. Teknik sampling yang akan digunakan, yaitu teknik sampling acak (random sampling). Pengumpulan data penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik skala ex-post facto. Skala tersebut digunakan untuk mengungkap data variabel disiplin belajar, rasa ingin tahu dan prestasi belajar, maka disediakan empat pilihan jawaban, yaitu selalu, sering, kadang-kadang, dan tidak pernah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan kontribusi pengaruh variabel disiplin belajar siswa yaitu sebesar 3% dengan nilai F hitung 3.643 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.033. (2) Rasa ingin tahu berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan kontribusi pengaruh variabel rasa ingin tahu siswa yaitu sebesar 20% dengan nilai Fhitung 2.834 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.050. (3) Disiplin belajar dan rasa ingin tahu secara bersamaan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan kontribusi pengaruh variabel yaitu sebesar 33.1% dengan nilai Fhitung 11.201 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktaviani, W., Chan, F., Hayati, D. K., & Syaferi, A. (2020). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 109-123.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2021). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3997-4007.

Sute, A., Hero, H., & Helvina, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan siswa kelas V sekolah dasar. Journal On Teacher Education, 4(3), 294-302.

Thoyyibah, D., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 516-522.

Yantoro, Y. (2017). Meningkatkan rasa ingin tahu dengan menggunakan metode pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 90- 105.

Downloads

Published

2025-05-27

Most read articles by the same author(s)