PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA MIN SIDENRENG RAPPANG

Authors

  • Rezki Mukarromah Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Kartini Marzuki Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Amir Pada Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23417

Keywords:

SAVI, Hasil Belajar IPA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intelectual) terhadap hasil belajar IPA pada siswa MIN Sidenreng Rappang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif berupa Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN Sidenreng Rappang yang berjumlah 154 peserta didik. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh akan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa data hasil belajar IPA siswa merupakan data parametrik sehingga diuji dengan Independent Samples Test sehingga diperoleh nilai sig. 0,000 atau lebih kecil 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh secara parsial model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intelectual) terhadap hasil belajar IPA pada siswa MIN Sidenreng Rappang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intelectual) terhadap hasil belajar IPA pada siswa MIN Sidenreng Rappang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intelectual) terhadap hasil belajar IPA tema lingkungan sahabat kita pada siswa MIN Sidenreng Rappang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA.

Amalia, M, Adiman & Sri H. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. JPFS Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. Vol. 3(1): 5.

Ananda, R. & Abdillah. 2018. Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta. CV. Budi Utama.

Dave Meier, The Accelerated Learning Hanbook (Creative & Effective Guide Designing Education And Training Program), Translator: Rahmani Astuti, Bandung: Kaifa Publisher, 2002.

Gilakjani, A P & Ahmadi S M. 2011. Paper title: The Effect of Visual, Auditory, and Kinaesthetic Learning Styles on Language Teaching. International Conference on Social Science and Humanity IPEDR. Vol.5: 470.

Halik, A., Israwaty I, dan Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol.7(2): 125-131.

Hanief, Y N, & Wasis H. 2017. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Haryati. 2019. Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hasan, K, Mukhlisa, N, dan Lestari, A. 2020. Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, dan Intelectually (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol. 4(2): 165-169.

Hayati, S. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperatif Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Huda, M. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah, Pantiwati Y., Restian A. & Sumarsono P. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang UMM Press.

Husna, A. & Suryana B. 2017. Metodologi Penelitian dan Statuistik. Jakarta Selatan: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Indrastoeti, J. & Istiyati, S. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi III. Jakarta, Departemen Pendidikan Indonesia: Balai Pustaka.

Kusumawati, H. 2017. Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V: buku guru. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mu’thi, A, Mulkhan A M, Marihandono D, & Tim Museum Kebangkitan Nasional. 2015. K.H. Ahmad Dahlan (1868 - 1923). Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Musfiqon & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Mutohar, P M. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurjanah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 6(2): 107-110.

Nursobah, A. 2019. “Perencanaan Pembelajaran MI/SD”. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Nuryadi, Astuti, T. D, Utami, E. S, & Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Pahrudin, A. & Pratiwi, D. D. 2019. Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Afandi, M. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Purnomo, H. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat UNY.

Puspitasari, A, Hermahayu & Purnanto A W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Visualization, Intellectual) dengan Media Hide dan Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA. Edukasi: Jurnal Pendidikan. Vol. 10(2): 137.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2019.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. 2014. Statistika Non Parametrik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tim penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar: Universitas Negeri makasar.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wulan, E. R. & Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran dengan Pedekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)