PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 076 PARAHALEANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23414Keywords:
Model Pembelajaran Make a Match, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, IPS, Sekolah Dasar.Abstract
Grace Febi Leping, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 076 Parahaleang Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 076 Parahaleang pada mata pelajaran IPS. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penerapan model Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Penerapan model Make a Match mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, yang pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 076 Parahaleang. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa model Make a Match dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Buku :
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group: Jakarta.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, M. 2016. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan).Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok).Bandung: Alfabeta.
Kesuma, A. T. (2013). Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta. AswajaPressindo.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan PenelitiPemula. Bandung: Alfabeta.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Based Learning Itu Perlu.Bogor:Ghali Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning ( Teori & Aplikasi Palkem ).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Indonesia
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Bumi Aksara.
Thobroni, M & Arid Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- nuss Media
Artikel dan Jurnal :
Anggarawati. 2014. Pengaruh Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Vol: 2 No. 1 Tahun 2014. Jurnal (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2146).
Dewi Kd. Meta, dkk. 2015. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Vol: 2 No. 2 Tahun 2015.JurnalPendidikan
ttps://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/7667).
Novianti. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matemati siswa dengan Menggunakan Geoboard pada Materi Bangun Dasar di Kelas VII SMP Negeri Bireuen Journal Variasi, 18-22.
Yuliantini, dkk. 2017. Pengaruh Make A Match Berbantuan Kartu Teka-Teki Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Vol: 5 No. 2 Tahun 2017. JurnalPendidikan.(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11028)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.