PENGARUH PEMANFAATAN PLATFORM RUANG GTK (GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23242Keywords:
GTK Room, Professional Competence, Elementary School TeachersAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan Platform Ruang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) pada guru sekolah dasar di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Kemudian mengetahui gambaran kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Dan Mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Pemanfaatan Platform Ruang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan Platform Ruang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) ini konsisten dengan seluruh indikator pemanfaatannya berada pada dominan kategori pemanfaatan tinggi. 2) Kompetensi Profesional guru sekolah dasar di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Konsisten berada pada dominan kategori tinggi. 3) Berdasarkan analisis data diketahui konstan sebesar 0,380 menunjukan bahwa jika variabel Platform Ruang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) bernilai nol atau tetap maka akan meningkatkan kompetensi professional guru sebesar 0,380. Variabel platform Ruang GTK 0,521 menunjukkan bahwa jika variabel platform Ruang GTK meningkat 1 satuan maka akan meningkat Kompetensi Professional Guru sebesar 0,521 satuan. Perbedaan ini juga didukung oleh hasil uji hipotesis, di mana nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat Pengaruh Pemanfaatan Platform Ruang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar.Downloads
References
Aulia et al., (2023). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (1b): 800 – 807 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Ruang GTK Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 5(1), 60–70. https://edukatif.org/
Budiarti, N. I. (2022). Ruang GTK Platform As a Support for the Quality of Mathematics Learning in East Java. Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 13–25. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v10i1.2858
Ciechanowska, D. (2010). Teacher Competence And Its Importance In Academic Education For Prospective Teachers. Journal General and Professional Education,100-120.
Febriana, Rina. 2021. Kompetensi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hassall, T., Dunlop, A., & Lewis, S. (1996). Internal audit education: exploring professional. Managerial Auditing Journal , 11 (5), 28-36.
Jalal Rajeh Hanaysha , Fayez Bassam Shriedeh, M. I. (2023). Impact of classroom environment, teacher competency, information and communication technology resources, and university facilities on student engagement and academic performance. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2). https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100188
Kemdikbud-Ristekdikti. (2022). Buku Saku Platform Ruang GTK. 1–12.
Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. (2013). Professional Competence of Teachers: Effects on Instructional Quality and Student Development. Journal of Educational Psychology , 105 (3), 805-820.
Lubis, M. (2019). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan, Hukum , Dan Bisnis, 4(2).
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Ruang GTK untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 7(1), 139–150
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Putu, E. A. N., Arnyana, I. B. P., Dantes, I. N., & Wirawan, I. P. H. (2023). “Santi Sarma” Implementasi Kebijakan Penggunaan Platform Ruang GTK Menuju Guru Produktif Dan Inovatif. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 196-209.
Rahmawati Riski Nurida, I Made Narsa.,Intention to Use e-Learning: Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM), Universitas airlangga, RISET & JURNAL AKUNTANSI Volume 3 Nomor 2, Agustus 2019, e –ISSN : 2548-9224 p–ISSN : 2548-7507, https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.151, Surabaya : Indonesia
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(2), 188–195. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Sudirman, & Mesiono. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Kegiatan Pelatihan. INVENTION: Journal Research and Education Studies, 2(1), 1–13.
Syahrudin, Ernawati, A., Abdul Rahman, M. A., & Sihes, A. J. (2013). The Role of Teachers’ Professional Competence in Implementing School Based Management: Study Analisys at Secondary School in Pare-Pare City of South Sulawesi Province- Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 2 (3), 143-148.
Tan, C., & Ng, P. T. (2012). A critical reflection of teacher professionalism in Cambodia. Asian Education and Development Studies , 1 (2), 124-138.
Yorulmaz, Y. I., Altinkurt, Y., & Yilmaz, K. (2015). The Relationship between Teachers’ Occupational Professionalism and Organizational. Educational Process: International Journal , 4 (1-2), 31-44.
Yustiawan, R. H., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Pengaruh motivasi dan kompetensi profesional guru yang bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan , 3 (3), 114-123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.