PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORI KINESTETIK) BERBASIS MEDIA CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 216 TALUNGENG KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22967Keywords:
Model Pembelajaran, VAK, Minat Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbasis media Canva terhadap minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi-eksperimental dengan bentuk non-equivalent control group design. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan angket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SDN 216 Talungeng sebanyak 285 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 216 Talungeng sebanyak 35 siswa yang tersebar di dua kelas yaitu kelas IVA sebanyak 18 peserta didik dan kelas IVB sebanyak 17 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbasis media Canva pada siswa kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone menunjukkan kategori sangat baik. (2) Minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori sangat berminat. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbasis media Canva terhadap minat belajar IPAS siswa di Kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.Downloads
References
Ampa, A. T. (2024). The Importance of Understanding Student Development in Increasing Student Interest in Learning. Internasional Journal Of Education, Vocational and Social Science, 03(03), 9–15.
Bachtiar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas V Di MIN 5 Ponorogo.
Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bening Pustaka.
Irviana, I. (2020). Understanding the Learning Models Design for Indonesian Teacher. International Journal of Asian Education, 01(2), 95–106.
Lestari, D. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 7 Ponorogo.
Lista, L., Atmowardoyo, H., & Salija, K. (2016). The Effects of Visual Auditory Kinesthetic Learning Style as Technique in Improving Students’ Writing Ability. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 2(2), 62. https://doi.org/10.26858/eltww.v2i2.1688
Mardianti, S. D. (2021). Factors of decreasing students interest when learning from home. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.56724/etude.v1i2.28
Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716
Mufidah, I., & Asmawi, H. (2017). Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Memberi Penguatan : Sebuah Analisa Korelasional terhadap Minat Belajar Siswa. Palapa, 5(2), 1–19. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.43
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Olaitan, O., & Mavuso, N. (2022). Adapting to technology tools in a learning environment: A case study of first-year students at a traditional African university. Perspectives in Education, 40(2), 97–112. https://doi.org/10.18820/2519593X/pie.v40.i2.8
Pllana, D. (2020). Keeping Students’ Attention Active. Education, Society and Human Studies, 1(2), p171. https://doi.org/10.22158/eshs.v1n2p171
Sa’dullah, A. (2023). The Importance of The Role of An Approrpriate Curriculum in Education. International Conference on Education, Society, and Humanity, 01(01), 409–414.
Sari, M. I., Utari, S. D., & Arfiandhani, P. (2023). Creating English learning media using Canva: EFL students’ perspective. Teaching English as a Foreign Language Journal, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.12928/tefl.v2i2.467
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.