the PENERAPAN METODE GUIDE READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI PAMPANG, KOTA MAKASSAR

Authors

  • Amir Pada Universitas Negeri Makassar
  • Rahmawati Patta Universitas Negeri Makassar
  • Ilmiaty Ayu Angraeni Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31874

Keywords:

guide reading, kemampuan membaca permulaan, siswa sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Pampang, Kota Makassar. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode guide reading dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri Pampang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan metode guide reading yang terstruktur dan berpusat pada bimbingan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Pampang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes membaca permulaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, ketuntasan klasikal hanya mencapai 35,48% dan masih berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 71%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode guide reading efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri Pampang, Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, I. N., & Marzuki, I. (2023). Metode pembelajaran reading guide untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4546

Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan whole language di sekolah dasar Siti. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393

Andayani, F., Utami, N. C. M., & Wardhani, P. A. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi melalui metode membaca terbimbing (guide reading) pada siswa kelas V SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Aqilah, A. R., Karumpa, A., & Razak, N. K. (2024). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui strategi reading guide pada siswa kelas I sekolah dasar. Journal of Social and Scientific Education, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.58230/josse.v1i2.119

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas (Edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, W. W. (2021). Penerapan strategi pembelajaran reading guide dengan media lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa Makassar. Biology Teaching and Learning, 3(2), 89–94. https://doi.org/10.35580/btl.v3i2.16468

Downloads

Published

2025-08-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>