the PENERAPAN METODE GUIDE READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI PAMPANG, KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31874Keywords:
guide reading, kemampuan membaca permulaan, siswa sekolah dasar.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Pampang, Kota Makassar. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode guide reading dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri Pampang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan metode guide reading yang terstruktur dan berpusat pada bimbingan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Pampang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes membaca permulaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, ketuntasan klasikal hanya mencapai 35,48% dan masih berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 71%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode guide reading efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri Pampang, Kota Makassar.Downloads
References
Aeni, I. N., & Marzuki, I. (2023). Metode pembelajaran reading guide untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4546
Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan whole language di sekolah dasar Siti. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393
Andayani, F., Utami, N. C. M., & Wardhani, P. A. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi melalui metode membaca terbimbing (guide reading) pada siswa kelas V SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Aqilah, A. R., Karumpa, A., & Razak, N. K. (2024). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui strategi reading guide pada siswa kelas I sekolah dasar. Journal of Social and Scientific Education, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.58230/josse.v1i2.119
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas (Edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astuti, W. W. (2021). Penerapan strategi pembelajaran reading guide dengan media lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa Makassar. Biology Teaching and Learning, 3(2), 89–94. https://doi.org/10.35580/btl.v3i2.16468
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.