ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI UPT SPF SDN KIP BARA- BARAYA I KOTA MAKASSAR

Authors

  • Liskawati Liskawati Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Faisal Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Irfan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23033

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk Analisis Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya I Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, data bersumber dari 3 orang informan, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya I Kota Makassar telah melaksanakan Pembelajaran berdiferensiasi oleh Guru dengan menyesuaikan Konten, Proses, Produk dan Lingkungan Belajar dalam proses pembelajaran, namun terdapat kendala yang dihadapi oleh Guru seperti kurangnya waktu dalam melayani setiap perbedaan individu dan adanya modul ajar khusus yang memerlukan tambahan waktu penyusunan. Kendala tersebut dapat diatasi dengan dilaksanakannya ruang kolaborasi baik melalui rapat rutin dewan guru, KKG, dan pemanfaatan PMM serta pembelajaran berdiferensiasi dilaksanaan tidak setiap hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Jurnal :

Agung Hartoyo ., & Dewi Rahmadayanti 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Basicedu : Research & Learningin Elementary Education.

Amri, M. A. L. 2024. Analisis Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di UPT SPF SD Negeri Percontohan Pam Kota Makassar. Variable research journal, 1(01), 154–165.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Une sa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal- Penelitian- Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.

Fitriyah, F., & Bisri, M. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73.

Handayaningsih, A. C. R., Fauziati, E., Maryadi, M., & Supriyoko, A. 2024. Pembelajaran Berdiferensiasi di PAUD dalam Konsep Sosial Kognitif Albert Bandura. PROFICIO, 5(1),

771–777.

Husni, T. 2013. Memerdekakan Peserta Didik Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan, 2(3), 1–1

Idris, S. 2023. Mindset Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 482–492.

Jamila, S. H. 2023. Pengembangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tafhim Al-'Ilmi, 14(2), 292–309.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. 2023. Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of

Information Systems and Management (JISMA), 2(6),

85–88.

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. 2023.

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German für Gesellschaft 1-8

Misniati, M., & Fitriani, W. 2023. Landasan Pengembangan Kurikulum Merdeka dan Urgensinya pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3),

31129–31135.

Nafi'ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah,

S. 2023. Karakteristik pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di madrasah ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–

12.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. 2021. Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–

838.

Priyambudi, G., Afrinaldi, R., & Fahrudin, F. 2023. Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Tingkat SMK Se- Kabupaten Karawang. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 789–792.

Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan,

A. R., & Nuriyani, R. 2023. Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Proses pada Perencanaan

Pembelajaran PPKn. 18(1),

143–153.

Swandewi, N. P. 2021. Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas vii h smp negeri 3 denpasar. Jurnal pendidikan deiksis, 3(1), 53–62.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A.

N. 2022. Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26.

Wulandari, N. 2024. Analysis Of Teachers Ability In Learning Ipas In The Implementation Of The Merdeka Curriculum. Journal Of Humanities And Social Studies, 2(01), 130–140.

Downloads

Published

2025-03-08