IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH TAKHASSUS AL SYA’IRIYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG
Keywords:
Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Asrofi, Muhammad. 2025. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Takhassus Al Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing: 1) Dr. Maryanto, M.Si, 2) Dr. Dyah Nugrahani, M.Hum. Pendidikan di Indonesia telah menerapkan berbagai jenis kurikulum dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi terbaru dalam perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia adalah kurikulum merdeka. Kurikulum ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi, yang diterapkan sesuai dengan kesiapan masing-masing jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka serta faktor pendukung dan penghambatnya di MA Takhassus Al Syairiyah Limpung Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Takhassus Al Syairiyah Limpung Batang telah menerapkan kurikulum merdeka. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai kendala karena belum semua guru memahami kurikulum merdeka secara menyeluruh. Meskipun demikian, kendala tersebut tidak menjadi hambatan besar bagi kepala madrasah dan para guru dalam mengimplementasikannya. Selain itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas guru dalam menerapkan kurikulum merdeka secara optimal.Downloads
References
Arifin, Z. (2018). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: TEORI DAN PRAKTIK. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sunan Kalijaga.
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Gorontalo, 1(1).
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2).
Kusumastuti, A., & Khoiro, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Lastriyani, I., Pd, S., Gunawan, U., Fitriyani, I. F., Fauzi, M. A. N., & Firman, M. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar: Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Eureka Media Aksara.
Mulyasa, E. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemendikrian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Zainuri, A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. Penerbit Buku Literasiologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.