IMPEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN DI MTS HASYIM ASY'ARI BAWANG KABUPATEN BATANG

Authors

  • Evy Suprihatiningsih Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Maryanto Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Dyah Nugrahani Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21344

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, kemandirian siswa, pendidikan karakter, implementasi, MTs Hasyim Asy'ari

Abstract

Penelitian ini membahas rendahnya tingkat kemandirian siswa di MTs Hasyim Asy'ari Bawang, Kabupaten Batang, baik secara akademik maupun sosial. Siswa menghadapi tantangan inisiatif yang rendah, pengelolaan waktu yang buruk, serta tanggung jawab yang lemah. Penelitian ini bertujuan menerapkan Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemandirian, dengan mengeksplorasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapannya. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, lalu dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan dampak positif Profil Pelajar Pancasila terhadap kemandirian siswa, terutama dalam pengambilan keputusan dan tanggung jawab. Namun, tantangan berupa keterbatasan pelatihan guru dan infrastruktur pendidikan masih ada. Rekomendasi meliputi penguatan kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua, serta pelatihan berkelanjutan dan dukungan infrastruktur untuk memastikan implementasi berjalan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. (2023). Evaluasi Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2), 13-25.

Handayani, R. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 10-19.

Kusuma, A., & Nurdin, H. (2022). Implementasi Nilai-nilai Gotong Royong dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 123-135.

Kusumawardani, S. (2021). Pendekatan Holistik untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 5-15.

Lestari, T., & Putra, A. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 78-89.

Nuraini, D. (2021). Tantangan Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 13(2), 95-110.

Rahmawati, N. (2020). Gotong Royong dan Kemandirian sebagai Nilai Utama Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 39-50.

Rahmat, A. (2023). Strategi Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 16(1), 7-18.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, P. (2022). Peningkatan Peran Orang Tua dalam Mendukung Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 18-30.

Susanti, E. (2023). Hambatan dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 65-78.

Yusron, M. (2022). Dampak Pendidikan Berbasis Pancasila terhadap Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 89-103.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)