ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 2 SDIT ABATA SRENGSENG

Authors

  • Fathiyah Nurul Izzah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Esa Unggul
  • Harlinda Syofyan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23250

Keywords:

Learning, project-based learning, science

Abstract

Penelitian ini mendalami pertanyaan tentang motivasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran menggambarkan bagaimana pembelajaran dilakukan. Model Pembelajaran berbasis proyek, juga dikenal sebagai PjBL, merupakan paradigma pendidikan yang menggunakan aktivitas proyek untuk membantu siswa memecahkan masalah. Pekerjaan proyek ini memberi siswa pengalaman praktis dalam perencanaan proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi penggunaan paradigma pembelajaran berbasis proyek pada pendidikan sains tahun kedua di  SDIT Abata. Penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk mengumpulkan data. Guru membuat pertanyaan; membuat rencana proyek; membuat jadwal pelaksanaan; melacak kemajuan siswa dan proyek; menganalisis hasil; dan menilai pengalaman dengan siswa dan guru. Di sekolah dasar kelas dua, indikator pengajaran sains adalah sebagai berikut: 1) upaya guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan minat siswa; 2) upaya guru untuk mendorong partisipasi aktif siswa; dan 3) upaya guru untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jurnal :

Abdussamad, Z. (2021) Metode Penelitian Kualitatif, Jurnal Sains dan Seni ITS. Makasar: Syakir Media Press. Available at: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.

Afrizal, M. and Karsa, S.I. (2023) ‘Strategi Sales Promotion D’pom Coffee Café Melalui Media Sosial Instagram’, Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1), pp. 179–182. Available at: https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i1.5571.

Citriadin, Y. (2020) Metode penelitian kualitatif (suatu pendekatan dasar), Sanabil Creative. Available at: http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.

Djamaluddin, A. and Wardana (2019) Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. 1st edn. Edited by A. Syaddad. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Elisabet, E., Relmasira, S.C. and Hardini, A.T.A. (2019) ‘Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)’, Journal of Education Action Research, 3(3), p. 285. Available at: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451.

Halim, A. and Amanatullah, N.Q. (2024) ‘Upaya Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada SDN Pluit 03 Jakarta Utara’, Journal on Education, 06(03), pp. 17619–17627.

Kemdikbud (2022) Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS ).

Mirdad, J. (2020) ‘Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran )’, 2(1), pp. 14–23.

Nugroho, O.F., Permanasari, A. and Firman, H. (2019) ‘Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia’, Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), p. 117. Available at: https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328.

Nurfadilah, F.R. and Syofyan, H. (2023) ‘Pengaruh metode demonstrasi berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa Ipa kelas V Sdn Jurumudi 4 Kota Tangerang’, Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(0), pp. 1–23.

Nuryani, S., Hamdani Maula, L. and Khaleda Nurmeta, I. (2023) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), pp. 2–6.

Restuti, I.R. (2022) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Di Sd Negeri 1 Sidomulyo’. Available at: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22327%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/22327/1/SKRIPSI BAB 1 %26 BAB 5.pdf.

Rokhimawan, M.A., Badawi, J.A. and Aisyah, S. (2022) ‘Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), pp. 2077–2086. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221.

Satriasari, F. (2022) ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Metamorfosis Siswa Kelas IV SDN Menggare …’, pp. 21–22. Available at: http://etheses.iainponorogo.ac.id/19503/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/19503/1/203180172_FETY SATRIASARI_PGMI.pdf.

Syofyan, H. (2018) ‘Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD Universitas Esa Unggul Pada Pembelajaran IPA Di SD’, 4(1), pp. 88–96.

Syofyan, H. et al. (2021) ‘The Character of Responsibility and Honesty: Its Impact on Science Learning Outcomes’, International Journal of Elementary Education, 6(1), pp. 74–87.

Syofyan, H. and Ratih, R. (2022) ‘Honesty and Motivational Character Analysis of Science Learning Achievement’, Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), pp. 253–262. Available at: https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i2.5792.

Syofyan, H. and Trisia Lusiana Amir (2019) ‘Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Calon Guru Sd’, Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), pp. 35–43. Available at: https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203.

Zuharnelhas (2022) ‘Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik melalui Project Based’, Journal on Education, 05(01), pp. 1451–1456.

Downloads

Published

2025-03-30