ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23204Keywords:
critical thinking, elementary school, IPAS, qualitative research, scientific approachAbstract
This study aims to explore the impact of the scientific approach on students' critical thinking skills in Natural and Social Sciences (IPAS) learning at Class 4C of SD Wachid Hasyim Surabaya (SD Plus), involving 16 students. The scientific approach includes observing, questioning, experimenting, reasoning, and communicating stages to encourage active student participation. This study employs a qualitative method with data collection techniques, including observation, interviews, and documentation. Observations were conducted to record students' critical thinking skills during the learning process. Interviews with the teacher and students provided in-depth insights into the application of the scientific approach. Documentation strengthened the data from observations and interviews. The results indicate that the scientific approach enhances students' critical thinking skills, as shown by their ability to formulate problems, create hypotheses, analyze data, and conclude learning outcomes. These findings offer essential insights into teaching strategies that promote critical thinking skills in elementary school students.Downloads
References
Alamsyah, I., & Wahyu, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 65-74.
Dinda, R., & Rudi, A. (2022). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kritis, 6(3), 222-
231.
Dwianto, R., & Yuliana, S. (2022). Peran Pembelajaran Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 112-120.
Ennis, R. H. (2015). Critical thinking: A streamlined conception. Teaching Philosophy, 38(1), 8-
23.
Faradita, M. N. (2023). Berpikir kritis sebagai keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(2), 117-128.
Faradita, M. N., Afiani, A., & Firmannandya, A. (2023). Pentingnya pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(4), 240-249.
Haryanto, R., & Saputra, D. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 35-44.
Isnaeni, S., & Hidayat, A. (2021).
Pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(2), 115-124.
Isnaeni, S., Pratama, R., & Wulandari,
D. (2021). Peran kemampuan berpikir kritis dalam pengembangan keterampilan siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kritis, 5(1), 30-40.
Marwa, H., & Amalia, Z. (2023). Respon guru terhadap penerapan pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 100-
109.
Masrohati, A. (2020). Penerapan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kurikulum Merdeka, 4(2), 70-80. Muttaqien, A. F., & Santoso, R. A. (2021). Pentingnya berpikir kritis dalam mengamati lingkungan sekitar dan menarik kesimpulan
pada peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(3), 210-221.
Nadhiroh, E., & Ansori, M. (2023). Peran keterampilan berpikir kritis dalam partisipasi aktif peserta didik pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Aktif, 14(2), 98-
107.
Nofrianto, H., & Lestari, F. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Anak, 17(2), 200-
210.
Nurdin, F., & Hidayat, R. (2022). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 50-61.
Nuwa, A., & Rahman, F. (2023). Rendahnya minat dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-53. Pamorti, A., Winarno, D., & Suryandari, R. (2024).
Pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Metode Pengajaran, 15(2), 145-156.
Piaget, J. (1964). Development and learning. Journal of Research in Science Teaching, 2(3), 176-
186.
Putra, S. A., & Fitria, M. (2022). Dukungan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(3), 141-149.
Rahmat, A. A., & Putra, R. P. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(11),
123-135.
Rahmawati, L., & Sukmana, S. (2023). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran: Teori dan praktik di
Sani, R. (2021). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran: Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(4), 88-
95.
Santoso, A., & Hermawan, T. (2020).
Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 88-97.
Saputra, F., & Fitria, R. (2021). Peran Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(4), 205-214. Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 11(3), 211-220.
Setiawan, P., & Sukardi, F. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Pendekatan Saintifik di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD, 13(2), 98-106.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suriani, I., & Wahyudi, S. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SD. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 6(3), 150-160.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wahyuni, H. I. (2021). Pendekatan Kualitatif Deskriptif dalam Penelitian Sosial. Jurnal Penelitian Sosial, 5(2), 123-135.
Yuliana, Y., & Putra, D. H. (2020).
Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(3), 2148-2156.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.