ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SETELAH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DENGAN MODEL PJBL PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD

Authors

  • Rima Khoirunnisa yim Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Holy Icha Wahyuni Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34265

Keywords:

diorama, IPAS, and food chain.

Abstract

ABSTRACT

This study aims to analyze the learning motivation of students after the use of diorama media with the Project-Based Learning (PJBL) model in Natural and Social Sciences (IPAS) education at SD Muhammadiyah 4 Zamzam. The research approach used is descriptive qualitative, with data collection methods including observation, interviews, and documentation. Primary data were obtained from interviews with teachers and students, while secondary data were collected from various related sources. The data obtained were analyzed using thematic analysis methods based on the Miles & Huberman model, which includes three main stages: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This technique is used to identify patterns and understand the deep meaning of the collected qualitative data.The research results show that the use of diorama media can foster students' learning motivation by creating a more interactive and enjoyable learning atmosphere. Dioramas help students understand abstract concepts, such as food chains, through concrete visual representations. Additionally, this medium also fosters students' confidence in asking questions and participating in discussions in class. The main challenge in using dioramas is the time constraint in their creation. Therefore.This research is expected to serve as a reference for educators in selecting and implementing more innovative learning strategies that align with the characteristics of elementary school students.

Keywords: diorama, IPAS, and food chain.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar peserta didik setelah penggunaan media diorama dengan model Project-Based Learning (PJBL) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Muhammadiyah 4 Zamzam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari wawancara dengan guru dan peserta didik, sedangkan data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber terkait. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis tematik berdasarkan model Miles & Huberman, yang meliputi tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan untuk mengidentifikasi pola serta memahami makna mendalam dari data kualitatif yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media diorama mampu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Diorama membantu peserta didik memahami konsep abstrak, seperti rantai makanan, melalui representasi visual yang konkret. Selain itu, media ini juga menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik dalam bertanya dan berdiskusi di kelas. Tantangan utama dalam penggunaan diorama adalah keterbatasan waktu dalam pembuatannya. Oleh karena itu. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.

 

Kata Kunci: diorama, IPAS, dan rantai makanan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, Dan Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3394.

Anum, Farida, Dan Muhammad Maghribi Badau. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Emina Di Shopee” Volume 5Nomor 1. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i1.10885.

Bali, Muhammad Mushfi El Iq, Dan Siti Fatimatuz Zahroh. 2023. “Implementasi Media Diorama Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (2): 2943–52. Https://Doi.Org/10.62775/Edukasia.V4i2.700.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5 (2): 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838.

Fitriani, Reka Amalia. 2023. “JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar” Vol 10 No 2. Https://Doi.Org/10.17509/Jppd.V10i2.61505.

Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8 (1): 21. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163.

Heriyanto, Heriyanto. 2018. “Thematic Analysis Sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif.” Anuva 2 (3): 317. Https://Doi.Org/10.14710/Anuva.2.3.317-324.

Hidayatullah, Romi, Yuni Mariyati, Akhmad H Mus, Islami Bilal, Dan Zedi Muttaqien. 2020. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Diorama Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar,” Juli. Https://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.Xxx.

Jailani, M Syahran, Dan Deassy Arestya Saksitha. 2024. “Tehnik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah” Volume 15, Number2.

Matondang, Fatiha Sabila Putri, Elvina Jahwa, Miftahul Hasanah Habib, Naufal Ariq Nasution, Dan Luthfi Hambali. 2024. “Peran Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkah Laku Anak.” Indo-Mathedu Intellectuals Journal 5 (3): 3424–33. Https://Doi.Org/10.54373/Imeij.V5i3.1353.

Pratama, Hervin Rizky, Ishmatun Naila, Dan Meirza Nanda Faradita. 2024. “Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Materi Ekosistem” 09.

Rahma, Ade Lia Firda. 2023. “Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Dengan Menggunakan Model Pjbl Di Kelas V SDN Monggang Pundong.”

Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.”

Sari, Mawar, Rizky Khaliza, Annisa Annisa, Siti Maulidiyah, Dan Nabila Gusti Zahra. 2024. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Pemanfaatan Media Diorama.” Warta Dharmawangsa 18 (1): 193–204. Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V18i1.4265.

Siswanto, Ernaz. 2023. “Pengembangan Model Project Based Learning Tentang Kenampakan Alam Dengan Media Diorama Untuk Peningkatan High Order Tingking Skill (Hots) Siswa Kelas 4 Sdn Punten 01 Kota Batu” Vol. 2, No. 2, April 2023, Hlm. 751–774 (April).

Uznul Zakarina, Avelya Deysi Ramadya, Rahmawati Sudai, Dan Agusrianto Pattipeillohi. 2024. “Integrasi Mata Pelajaran Ipa Dan Ips Dalam Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Penguatan Literasi Sains Dan Sosial Di Sekolah Dasar” Volume 4 Nomor 1,. Https://Dx.Doi.Org/10.37905/Dej.V4i1.2487.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi” 7.

Yuneva, Hanifah Aulia, Dan Dadan Suryana. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Diorama Dalam Pembelajaran Literasi

Downloads

Published

2025-10-12