ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPAS PADA PENERAPAN MODEL CTL (Contextual Teaching and Learning) BERBANTU MEDIA DIORAMA

Authors

  • Intan Indera Tsaniyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Deni Adi Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

Kesulitan belajar, Model CTL (Contextual Teaching and Learning), Media Diorama

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) dengan menggunakan Model CTL (Contexstual Teaching And Learning) Berbantu Media Diorama, metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan pendekatan studi kasus di salah satu sekolah dasar di wilayah Gresik. Target penelitian terdiri dari atas 5 siswa dari kelas V. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi kepada siswa kelas 5, wawancara kepada guru kelas 5 dan kepala sekolah SDN 306 Gresik dan dokumentasi dari hasil nilai sumatif siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar yang dihadapi siswa dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori utama: (1) Kesulitan memahami konsep abstrak dalam materi IPAS dan menghubungkannya dengan konteks kehidupan nyata. (2) Kesulitan Penguasaan materi, siswa tidak mampu mengingat atau menerapkan materi IPAS. (3) Kurangnya minat belajar dan motivasi belajar siswa. (4) Kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan berdiskusi ketika mengalami kesulitan dan kebingungan. Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dan Media Diorama sebagai alat bantu belajar mampu mendorong keterlibatan siswa, meskipun beberapa siswa masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut untuk memahami materi secara menyeluruh.

 

Kata Kunci: Kesulitan belajar, Model CTL (Contextual Teaching and Learning), Media Diorama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454.

Aleyda, S. (2024). Pengaruh model Contextual teaching learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V tentang aritmatika sosial di SDIT Al-hikmah Areman.

Ariawan, I. B. K. M., Lestari, N. A. P., & Dharma, I. M. A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 238–245.

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1.

Faradita. (2022). Media Kotak Cahaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Danhasil Belajar Ipa Pada Tatap Muka Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan, 276–289.

Faradita, M. N., & Setiawan F. (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran Ipa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sd Muhammadiyah 9 Surabaya. Inventa, 6(1), 52–64.

Faradita M.N, N. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Masa Ppkm. Jurnal of Science Education and Studies, XX, 201–2016.

Firiani, L., Koto, I., & Winarni, E. W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching Learning ( CTL ) Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kapedas, 2(2), 325–335.

Haqiqi, A. K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hendrik, M. Y., Tanggur, F. S., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal MahasiswaPendidikan Dasar, 2(2), 115–129.

Husna, Rezani, Syahrial, N. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 1 N(2), 79.

Machali. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.

Ndruru, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Kelas VII SMP Negeri 4 Amandraya. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 17–29.

Puspitasari, D. R., & Sujarwo. (2021). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Pancur Batu.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 03(02), 199–207.

Putra, D. A., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Inventa, 5(1), 30–46.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmaniati, S., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. . . Sebelas April Elementary Education, 1(2), 102–109.

Sobari, A. A., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1132–1136.

Sugiyono. (2021). Teori Miles and Huberman. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.

Susanti, R. D. (2021). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 139–154.

Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467.

Yusriani, L., Junaidin, J., & Asrul, A. (2022). Upaya Guru dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(3), 106–119.

Downloads

Published

2025-03-31

Most read articles by the same author(s)