PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK RANTAI MAKANAN PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Authors

  • Dinda Iftitach Sokran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Holy Ichda Wahyuni PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21123

Keywords:

Keywords: Pop-up Book, Food Chain, Learning Media, Kata Kunci: Pop-up Book, Rantai Makanan, Media Pembelajaran

Abstract

ABSTRACT Pop-up Book is a three-dimensional media designed to stimulate children's creativity while expanding their knowledge, making it easier to understand the representation of the shape of an object. The purpose of this study is to assess the validity, effectiveness, and practicality of the Food Chain Pop-up Book media that combines texts, songs, quizzes, and interactive visuals in the learning of Natural and Social Sciences (IPAS) in grade V of SD Muhammadiyah 3 Surabaya. The ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) model is used as a development approach in this study. The research sample consisted of 24 students in grade V and had validation sheets, questionnaires, and final tests. The results of the study prove that the percentage of validation of material experts is 90%, and the percentage of validation of media experts is 98% with a total of 94% of the total validation is included in the very valid criteria. The student response sheet showed a percentage of 91%, included in the very valid criteria, while the teacher response sheet reached a percentage of 100% in the very valid category. The percentage of field trial results through posttest is 89%, which is also very valid. The results of the instrument prove that the Food  Chain Pop-Up Book  media used in IPAS learning is very valid and suitable for use in grade V elementary school learning. Keywords: Pop-up Book, Food Chain, Learning Media   ABSTRAK Pop-up Book merupakan media tiga dimensi yang dirancang guna merangsang kreativitas anak sekaligus memperluas ilmu mereka, sehingga memudahkan dalam memahami representasi bentuk suatu objek. Penelitian ini bertujuan untuk menilai validitas, efektivitas, dan kepraktisan media Pop-up Book Rantai Makanan yang menggabungkan teks, lagu, kuis, dan visual interaktif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SD Muhammadiyah 3 Surabaya. Model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) digunakan sebagai pendekatan pengembangan dalam penelitian ini. Sample penelitian terdiri dari 24 siswa kelas V dan memiliki lembar validasi, angket, dan tes akhir. Hasil penelitian membuktikan persentase validasi ahli materi sebesar 90%, dan persentase validasi ahli media sebesar 98% dengan total keseluruhan validasi mencapai 94% termasuk dalam kriteria sangat valid. Lembar respon siswa menunjukkan persentase sebesar 91%, masuk dalam kriteria sangat valid, sedangkan lembar respon guru mencapai persentase 100% dalam kategori sangat valid. Persentase hasil uji coba lapangan melalui postest adalah 89%, yang juga tergolong sangat valid. Hasil instrument membuktikan bahwa media Pop-Up Book Rantai Makanan yang digunakan dalam pembelajaran IPAS sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pop-up Book, Rantai Makanan, Media Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51, Issue 1).

Fatin Idhoofiyatul. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21 serta Biodiversitas Indonesia. Books.Google.Com, 77–89. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LJmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA141&dq=pembelajaran+abad+21&ots=dqi5M5RMpg&sig=lG3rWNrRHYpzjfiCGdCh2i5xl6w

Jurnal :

(2012), G. T. (2020). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 1(938), 6–37.

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724

Branch, R. M. (2009). Approach, instructional design: The ADDIE. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9), 1–198.

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321

Dandung, V. B., Prasasti, P. A. T., & ... (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Digital Pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar. … Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 209–218. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4283%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/4283/3

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349

Ghaniem, A. F. (n.d.). Ekosistem Harmoni.

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218

Hervin, R. P., Naila, I., & Faradita, M. N. (2024). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Materi Ekosistem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 927–937.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Kurnia, I., Noviantiningtyas, T., & Nur Rohmania, Q. (2021). Game Hago Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 119–129. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15955

Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.

Muna, N. F., Widiyono, A., & Efendi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 151–159. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i2.88656

Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Pribadi, R. B. A. (2009). Model MOdel Desain Sitem Pembelajran. 2016.

Prihanto S, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 5(1), 79.

Rachman, F. A. Y., Ayu Afiani, K. D., & Setiawan, F. (2023). Pengembangan Media Komatika (Komik Matematika) Pada Materi Pecahan Kelas 3 Di Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1659–1676. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5364

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 2016–2020.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Wahyuni, H. I., Pentianasari, S., & Khofifah, I. (2023). Diskursus Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Pada Pendidikan Abad 21. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 23(1), 88–98. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/15657

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909

Downloads

Published

2025-01-01