PENGARUH BUKU DONGENG FABEL TERHADAP KETERAMPILAN MMEBACA SISWA KELAS II DI SANGGAR BELAJAR KEPONG MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23064Keywords:
Buku Dongeng ; Meningkatkan; motivasiAbstract
Strategi penerapan membaca nyaring membuat pikiran siswa lebih fokus dan menimbulkan pertanyaan betapa sulitnya memahami membaca. Manfaat dari buku dongeng fabel yaitu: (1) untuk mengasah emosi, (2) imajinasi, (3) dan meningkatkan daya kritis siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Sanggar Belajar Kepong Malaysia, dengan tujuan mengetahui pengaruh buku dongeng fabel terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di Sanggar Belajar Kepong Malaysia. Untuk mendapatkan data yang valid dan akurat dari siswa, maka digunakan instrumen non tes berupa lembar observasi.Hasil uji Paired Samples t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara dua kelompok data yang diuji. Hal ini terlihat dari nilai p-value (Sig. 2-tailed) (0,001). Gambar cenderung lebih disukai oleh siswa dari pada teks tulisan seperti buku ajar yang hanya memiliki kalimat. Penggunaan buku dongeng fabel dapat meningkatkan keterlibatan dan perhatian siswa selama pembelajaran. Penggunaan buku dongeng juga dapat meningkatkan pengalaman belajar dan motivasi anak dalam belajar.Downloads
References
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.
Bela Puspita, E., & Puji Rahmawati, F. (2024). Pengembangan Strategi Pembelajaran Media Tabeli (Tabungan Belajar Menulis) Sebagai Penguatan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. 38(1), 104–115. http://doi.org/10.21009/PIP.381.10
Bua, M. T. (2022). Efektivitas Media Animasi pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689
Ciptaningrum, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pembelajaran Pias-Pias Kata. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 207–216. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.186
Efania, N. A., & Umam, N. K. (2023). Pengaruh Metode One Day One Page Terhadap Keterampilan Membaca Sekilas pada Buku Dongeng Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 566–576. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.223
Fadlilah, N., Wuryandini, E., & Sulianto, J. (n.d.). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM PROGRAMS IN EFFORTS TO INCREASE READING INTEREST. 7(September 2024).
Febianti, V., Kusuma, H., & Yanto, E. N. A. (2023). “Pengaruh Media Animasi Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 475–483.
Haqqah, M., & Nugraha, U. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(2), 74–84. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.24106
Harahap, A. A., & Sitepu, M. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKN pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 21. 5(6), 2343–2351.
Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Bentuk Buku Dongeng Fabel. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al …, 1(1), 1–10. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/405%0Ahttps://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/download/405/157
Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856
Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61–70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70
Kristanto, A., & Ratri, A. K. (2022). Analisis Membaca Permulaan Kelas 1 Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di SD Negeri 2 Podorejo. Sultra Educational Journal, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i2.284
Mardewi, M., & Mansyur, U. (2023). Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Membaca Teks Eksposisi. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i1.300
Rahmawati, D., & Juniardi, Y. (2024). IMPLEMENTATION OF THE PANCASILA STUDENT PROFILE STRENGTHENING PROJECT THROUGH MULTICULTURAL AND MULTI-RELIGIOUS LOCAL WISDOM MODULE AT SMP NEGERI 20 TANGERANG. August, 529–542. https://doi.org/10.30868/ei.v13i03.6493
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Tridiastita, R., Syamsuyurnita, S., Sari, S. P., & ... (2023). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan …, 7, 25233–25234. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10624%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10624/8504
Widodo, U. (2021). Uji Signifikansi Pengaruh Kreativitas Belajar pada Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 95–106. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2970
Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.