PERAN MEDIA INTERAKTIF CLASSPOINT PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V

Authors

  • Khairunnisa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22941

Keywords:

Media Interaktif ClassPoint, Kemampuan Kognitif, Media Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Sistem Pernapasan Manusia

Abstract

Kurangnya variasi dan penggunaan teknologi di dalam kelas, yang berdampak pada rendahnya antusiasme dan keterlibatan peserta didik, adalah hal yang mendorong penelitian ini. Hal ini mengganggu kapasitas kognitif mereka dan membuat mereka lebih sulit untuk menyerap materi pelajaran. Hambatan lain dalam pengembangan media interaktif di sekolah dasar adalah kelangkaan sumber belajar. Oleh karena itu, penggunaan dan pengembangan media yang lebih interaktif diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dan mendorong mereka untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran diimplementasikan dengan menggunakan media interaktif ClassPoint, mengukur perbedaan kemampuan kognitif di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan, memeriksa respon peserta didik, dan memastikan bagaimana media ini berkontribusi terhadap perkembangan kognitif peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Terdapat 28 murid di kelas eksperimen dan 28 murid lainnya di kelas kontrol untuk penelitian ini. Dengan nilai yang lebih tinggi di kedua kelas setelah treatmen, hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pembelajaran ClassPoint. Dengan nilai gain score sebesar 0,64 (kategori sedang), penerapan materi ini membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Menurut penelitian ini, peserta didik lebih terlibat, aktif, dan memperoleh keterampilan baru sambil memanfaatkan media berbasis teknologi untuk mengembangkan pemahaman kognitif yang lebih dalam tentang mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A N, Marhamah, A. A., Yasmin, E. A., & ... (2023). Pemanfaatan Linktree Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Zakat Bagi Siswa Kelas 6 SD. Journal on …, 05(04), 15249–15260.

Aeni, Ani Nur, Hermawan, D., Aiska, F., & Ulfana, K. (n.d.). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS AI “LARAS” DALAM SURAH Al-KAUSAR PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS 2 SD Ani. 6, 569–583.

Aeni, Ani Nur, Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Arfan Delar, D., Reinita, Arwin, & Mansurdin. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Cooperative Tipe Make a Match di SDN 05 Sawahan Padang. Pendidikan Tambusai, 6, 8390–8400.

Gusti Ayu Made Mia Arisandhi, I Made Citra Wibawa, & Kadek Yudiana. (2023). Flipbook: Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 165–174. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55034

Hikmah, J., Ilmiah, A. J., Madrasah, P., Inayah, A. N., Sujana, A., Aeni, A. N., Adzani, F., Taqiyuddin, A., Aeni, A. N., Indonesia, U. P., Prasetya, A., Ulfa, S., Susilaningsih, S., Wahidatussyadiah, A., Nurfitriani, M., Permana, R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., … Minsih, M. (2024). Penerapan Media Presentasi ClassPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Basicedu, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7492

Janna, N. M., & Herianto. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Komara, I. B., Murron, F. S., Heryanto, D., & Zaman, M. F. (2024). DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 8(3), 589–601. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i3.96331

Magdalena, I., Nurchayati, A., Suhirman, D. P., & Fathya, N. N. (2023). Implementasi Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Anwarul, 3(5), 960–969. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1431

Nurkholizah, D., Yulianti, N., Azizah, L., & Aeni, A. N. (2024). PENGEMBANGAN “BATITA” (BACA AT-TIN DAN TAJWIDNYA) BERBASIS PPT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD Dede. 8848(2), 801–816.

Nuviandani, F., Malawi, I., & Maruti, E. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID%0AEfektivitas

Putri, F. I., Purba, A., Juwita, P., & Harahap, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif ClassPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 060817 Medan. 8(2018), 35955–35959.

Rahayu, P. N., Aeni, A. N., & Sujana, A. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kolaborasi Siswa: Peran Model Problem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 839–854. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-16

Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382

Sundari, Hadiyani, D., & Muhlis, I. (2021). Penerapan Media Presentasi ClassPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1–9.

Wahyuning, S., & Wahyuning, S. (2022). Pembelajaran ipa interaktif dengan game based learning. 4(2).

Yanuarti, N., Endrawati, N., & Hartono, Y. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VI. 09(0), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15069

Downloads

Published

2025-03-30