KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU TRUTH OR DARE PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22757Keywords:
Truth or Dare Media, Problem Based Learning, Critical ThinkingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Kembangan saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas khususnya pada muatan Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas media kartu Truth or Dare pada model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre-Eksperimental Design One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tertulis.Teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil menunjukkan adanya kenaikan nilai pretest pada posttest, hal ini dapat dilihat pada Uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Sedangkan hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain menunjukkan skor 0,6535 yang berdasarkan hasil tafsiran presentase gain (g) bahwa nilai 0,6535 Berada di nilai gain ternormalisasi (0,30 ≤ g < 0,70) memiliki interprestasi sedang dengan kategori cukup efektif.Downloads
References
Aida, T. N., Anggoro, S., & Andriani, A. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Poe ( Predict-. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 164–172.
Aisyah, N., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 02 Purwosari Kudus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1323, 7214–7227. https://doi.org/10.1016/j.molstruc.2024.140774
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990.
Aqna, Z. K., Pratiwi, I. A., & Rondli, W. S. (2024). Hubungan minat belajar berbantuan media powerpoint interaktif dengan hasil belajar pendidikan pancasila kelas IV SDN Gugus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10.
Fatmawati, L., Hamidah, S., & Rondli, W. S. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Mata Pelajaran PPKn Di SDN Cangkring. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus, 1(April), 346–358.
Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(2), 1–13.
Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28
Muhaymin, S., & Syahrir, M. (2024). Penerapan Media Truth Or Dare untuk Meningkatkan Pemahaman Materi pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas V SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar Universitas Muhammadiyah Makassar , Indonesia kegiatan , tetapi membantu menciptakan kondisi yang kon. 2(5).
Ni’mah, R. (2023). Penerapan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Abad 21. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.200
Niami, D. (2022). Upaya guru PPKn meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan, November, 379–386.
Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 161–167. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.2980
Nugraheni, S. V., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iii Sdn Bintoro 16 Demak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3657–3665. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1218
Putri, H. K., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2023). Model Student Team Achievement Division Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1769–1776. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6153
Rahmadana, J., Khawani, A., & Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224–230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278
Rifdah, R., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantu Media Audiovisual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas IV SDN Mayonglor 04 Jepara. Islamika, 5(2), 690–703. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3142
Sagala, A. F. H., Mariani, M., & Mansyur, A. (2023). Pengembangan Media Truth or Dare Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1571–1581. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2336
Saprudin, M., & Nurwahidin. (2021). Implementasi metode diferensiasi dalam refleksi pembelajaran pendidikan agama islam. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 75(17), 399–405.
Saputra, A., Mulyadiprana, A., & Indihadi, D. (2017). Penggunaan Media Pop-up sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositorik. 4(2), 76–84.
Simbolon, & Naeklan. (2017). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Ulum, A. S., Sumarwiyah, & Pratiwi, I. A. (2019). Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kartu Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.2942
Utami, H. Y. (2019). Buku Panduan Permainan Truth Or Dare Tentang Kepercayaan Diri Peserta Didik. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Widiyastuti, I., Rondli, W. S., & Ismaya, E. A. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi “Norma” Kelas V Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 140–148.
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.