IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nina zulyana Universitas Muria Kudus
  • Ika Oktavianti Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32249

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Pendidikan Pancasila, SDN Ngablak 01.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Ngablak 01. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naratif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural seperti toleransi, keadilan, dan saling menghargai telah diterapkan dalam aktivitas pembelajaran dan interaksi sosial siswa sehari-hari. Guru dan kepala sekolah berperan aktif dalam menciptakan budaya sekolah yang inklusif melalui strategi pembelajaran dialogis dan partisipatif. Namun, implementasi pendidikan multikultural masih menghadapi kendala, seperti keterbatasan pemahaman guru, minimnya integrasi dalam kurikulum, serta kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga. Oleh karena itu, diperlukan penguatan dalam aspek pelatihan guru, penyempurnaan kurikulum, dan kolaborasi yang lebih intensif antara sekolah, keluarga, dan komunitas agar pendidikan multikultural dapat berjalan optimal dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprita Nur Damayanti, Ika Oktavianti, & Sekar Dwi Ardianti. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pati Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Jrahi 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 541–550. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1609

Dani, A. R., & Nurlizawati, N. (2023). Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 140–147. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.100

Hermayanti, M., Shokib Rondli, W., & Ardana Riswari, L. (2023). Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas Iv. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2453–2461. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7998

Lestari, S., Masfuah, S., & Oktavianti, I. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Diorama Bulusan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 90–97.

Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Mutofifin, ; M, Su’ad, & Rondli, W. (2022). Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Gawai Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 288–297.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). i Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 6.

Pratiwi, I. A., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2018). Pendidikan Multikultural Berbantuan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 109–119. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p109-119

Sari, L. S. P., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1153–1159. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5010

Wawan Shokib Rondli. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MULTIKULTURAL(STUDI KASUS DI SMA MATARAM KOTA SEMARANG). Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume IV(2), 2–2.

Zahra, O. A., Oktavianti, I., & Hilyana, F. S. (2024). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Diri terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas IV SD Gugus Gatotkaca. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 211–223. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.20692

Banks, J. A. (2020). Multicultural Education: Issues and Perspectives. Wiley.

Harahap, R. (2023). Pendidikan Pancasila Berbasis Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(3), 45-57.

Lickona, T. (2019). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology. McGraw-Hill.

Sukmawati, R., & Wulandari, A. (2022). Peran Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 67-75.

Anggraeni, Dessi, Silvi Wulan Munggaran, Alka Hasbiya, dan Andika Rahman. 2024. “Multicultural Education Approach in Forming Student Character in Elementary School,” 4375–84.

Arikunto, S. 2022. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (5 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Atmaja, Thomy Sastra. 2024. “Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik.” Jurnal Basicedu, 8(3), 1906–1915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7664.

Aulia, Shafarina Nidaul, dan Dinie Anggraenie Dewi. 2021. “Pengaruh Pendidikan Pancasila dalam Membangun Karakter Generasi Muda.” Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 268–275. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1354.

Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Edisi ke-4). USA: SAGE Publications, Inc.

Dani, Annisa Rahma, dan Nurlizawati Nurlizawati. 2023. “Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka.” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 140–147. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.100.

Hadijaya, Yusuf, Muhammad Fahrezi, Nursakinah Intan, Wasiyem Wasiyem, Netty Zakiyah, dan Muhammad Taufiq Azhari. 2024. “Konsep Multikulturalisme dan Pluralisme dalam Pendidikan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3101–3108. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3790.

Hamdan Husein Batubara, dan Dessy Noor Ariani. 2011. “Dasar Hukum Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah,” 447–452. https://boharudin.blogspot.com/2011/04/dasar-hukum-penyelenggaraan-bimbingan.html.

Hartono, Kevin Aldoni, Dwi Riyanti, dan Yoga Ardian Feriandi. 2024. “Tantangan dan Hambatan Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Negeri,” 2, 243–251.

Hasanah, Uswatun. 2018. “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990.

Huda, Mochammad Miftachul, Bunyamin Maftuh, dan Nanda William. 2023. “Urgensi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar sebagai Upaya Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini.” Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1015–1022. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5576.

Ibrahim, Rustam. 2013. “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin, 7(1), 1–26.

Khaerunnisa, Uun, Astuti Darmiyanti, dan Ferianto Ferianto. 2023. “Penerapan Pendidikan Multikultural pada Sekolah Dasar.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i1.705.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mesiono, Arsyad Junaidi, Nasution Sakholid, Susanti Eka, dan Daulay Hamidah Sholihatul. 2017. Jurnal Tarbiyah, 24 (Juli–Desember 2017), 351–370. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/229/217.

Nabilah, Z., I. Hudi, S. Bella, S. N. Doni, dan ... 2024. “Tantangan Multikulturalisme terhadap Solidaritas Kewarganegaraan dalam Masyarakat Majemuk.” Kultura: Jurnal Ilmu …, 2, 82–89. http://jurnal.kolibi.org/index.php/kultura/article/view/2482.

Nur Latifah, Arita Marini, dan Arifin Maksum. 2021. “Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka).” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.

Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565.

Shelemo, Asmamaw Alemayehu. 2023. “Multikultural di Era Modern: Wujud Komunikasi Lintas Budaya.” Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suningsih, Siti, dan Yuyun Elizabeth Patras. 2024. “Model Pembelajaran Berbasis Multikultural di Sekolah,” 5(4).

Sutarno. 2007. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Widiatmaka, Pipit. 2022. “Perkembangan Pendidikan Pancasila di dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik.” Civic Edu: Jurnal Pendidikan Pancasila, 5(1), 1–10. https://journal.unpas.ac.id/index.php/civicedu/article/download/5979/2466.

Downloads

Published

2025-08-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>