PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KARAKTER MANDIRI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 TUKSONGO KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Wahyu Pambudi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, UPGRIS, Semarang
  • I Made Sudana Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, UPGRIS, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22304

Keywords:

Program Sekolah Penggerak, Profil Pelajar Pancasila, Karakter Mandiri

Abstract

Pambudi, Wahyu. 2025. Program Sekolah Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar Negeri 3 Tuksongo Kabupaten Temanggung. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. I Made Sudana, M.Pd. Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam membentuk individu yang berkualitas dan berintegritas. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila, yang mencakup dimensi karakter mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sekolah Penggerak dalam mewujudkan karakter mandiri pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Tuksongo, Kabupaten Temanggung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Desain penelitian meliputi tiga tahap: 1) tahap pra lapangan atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, dan 3) analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk meningkatkan validitas data. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan Program Sekolah Penggerak dilakukan melalui identifikasi kebutuhan, pengembangan program, dan sosialisasi kepada seluruh stakeholder; 2) pengorganisasian meliputi penempatan sumber daya, pengembangan organisasi, serta penugasan dan pendelegasian wewenang; 3) penggerakan dilakukan oleh kepala sekolah melalui pengarahan dan motivasi kepada guru dan siswa; 4) pengawasan dilakukan dengan penilaian, evaluasi kegiatan, dan tindak lanjut untuk memastikan keberhasilan program. Penulis menyarankan agar kepala sekolah dan guru terus berkolaborasi dalam setiap tahap implementasi program, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin & Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, hlm.184-185.

Afis Hafifah Hasanah, Muhammad Mona Adha, Ana Mentari. 2022. “Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah”. Jurnal Actual Insight, (online), Vol. 2, No. 10, (DOI: https://doi.org/10.56393/decive.v2i10.1053 , Diakses 1 April 2024).

Agus Wibowo, 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Andi, Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan dan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. 1985. Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Plenum Press.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. 2000. The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Edward III, G. C. 1980. Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press.

Fadilah, N. U. R. 2019. “Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate”. Disertasi. Sumatra: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hidayati, kana dan Endang Listyanti. 2014. “Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa”. Jurnal Penelitian dan EvaluasiPendidikan, (online), Vol. 14, No. 1, (https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977 Diakses 1 Mei 2024).

Husna, L. 2017. “Pendidikan Karakter Mandiri pada Siswa Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (online), Vol. 6, No. 10, (https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/9215 Diakses 2 Mei 2024).

Iskandar, A. 2023. Peran Guru dalam Pengembangan Kemandirian Siswa pada Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Rajawali Press.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 371/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak. 2021. Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Kurniawan, A. (2020). Pentingnya Sumber Daya yang Memadai dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/qe/index 3(2), 112-120.

Kurniawan, A. 2020. Pembelajaran Berpusat pada Siswa: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Suwardani, NiPutu 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2020. “Quo Vadis” Pendidikan Karakter : dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali : Unhi Press.

Suyatno, S., Sudrajat, T., & Mulyadi, E. 2023. Pengembangan Karakter Mandiri dalam Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafi’i, F.F. 2021. "Merdeka belajar: sekolah penggerak’, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”, Jurnal PPS UNG, (online), (https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1049, Diakses 7 Mei 2024).

Terry, G. R. 2017. Principles of Management. Chicago: Richard D. Irwin, Inc.

Zuchdi, D. 2019. Pengembangan Karakter Anak melalui Pendidikan Holistik. Yogyakarta: UNY Press.

Zuriah, N. 2022. Pendidikan Karakter: Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Erlangga.

Zuriah, N., & Sunaryo, H. 2022. Konstruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru PPKN DI Sekolah Dasar. Jurnal Civic Hukum, (online), Vol. 7, No. 1, (https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582, Diakses 8 Mei 2024).

Downloads

Published

2025-03-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>