DAMPAK PERENCANAAN BERBASIS DATA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Nurun Nikmah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Zulfah Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Satrio Bagus Tumeko Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20798

Keywords:

Perencanaan Berbasis Data, Hasil Belajar Siswa, Pengambilan Keputusan, Pendidikan Dasar, Efisiensi Pengelolaan, Teknologi Informasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perencanaan berbasis data (PBD) terhadap peningkatan hasil belajar siswa di tingkat pendidikan dasar. PBD merupakan pendekatan yang memanfaatkan data untuk mendukung pengambilan keputusan secara efektif dan efisien dalam proses pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBD berdampak positif pada hasil belajar siswa, terutama melalui peningkatan efisiensi pengelolaan sumber daya, optimalisasi proses pembelajaran, dan penguatan pengambilan keputusan yang berbasis bukti. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa penerapan PBD perlu didukung oleh infrastruktur teknologi informasi yang memadai dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan dalam menggunakan data sebagai dasar perencanaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif dan terukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barber, M., Kihn, P., & Moffit, A. (2010). Deliverology in Practice: How Education Leaders Are Improving Student Outcomes. McKinsey & Company.

Creswell, J.W (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publikations.

Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Guskey, T. R. (2003). How Classroom Assessments Improve Learning. Educational Leadership, 60(5), 6-11.

Marzano, R. J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. ASCD.

Mahmudah, N., & lainnya. (2020). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia dalam Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Pendidikan, 9(2), 123-135.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>