PENGGUNAAN MEDIA KUBUS SATUAN PADA MATEMATIKA PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Ayuk Rohyani Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22066

Keywords:

Hasil Belajar, Media Kubus Satuan, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka

Abstract

Matematika menjadi salah  satu  mata pelajaran yang termasuk dalam  kurikulum di Sekolah Dasar (SD). Matematika merupakan ilmu yang memiliki peran penting dalam meningkatkan daya pikir manusia. Salah satu kajian  materi yang tercantum dalam Kurikulum Merdeka pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1 adalah pengurangan khususnya pengurangan (2) yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar dengan baik, karena materi tersebut juga sangat dekat dengan lingkungan siswa sehari-hari. Tujuan penelitian  tindakan  kelas ini yaitu untuk meningkatkan Hasil Belajar Melalui Media Kubus Satuan Pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Matematika Tentang Pengurangan (2) di Sekolah Dasar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), yaitu (1) Perencanaan, (2) Implementasi Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan tabel observasi dan hasil tes dapat diketahui bahwa persentase hasil belajar siswa pada siklus I dengan menggunakan media kubus satuan adalah 3 siswa (50%)  dalam kategori baik dan 3 siswa (50%)  dalam kategori kurang. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu  4 siswa (66,6%)  kategori sangat  baik, 1 siswa (16,66%) kategori baik, dan 1 siswa  (16,66%) kategori kurang. Penggunaan media pembelajaran kubus satuan membawa dampak positif terhadap hasil belajar siswa khususnya materi pengurangan (2), maka diharapkan guru dapat menggunakannya.Dalam menggunakan media kubus satuan diharapkan guru lebih trampil sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam belajar khususnya materi pengurangan (2). Penggunaan media kubus satuan kadang memerlukan waktu lebih sehingga diharapkan guru dapat mengelola waktu dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana, Marline Silvi, Marline Silvi, Diana Sdn, Kalimantan Panarung, and Indonesia Tengah. 2021. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA KUBUS SATUAN Improving Student Learning Outcomes on Cube and Block Volume Materials Through Group Work Method Using Unit Cube Media.” Jurnal Pendidikan TeknologiInformasiMarline Silvi Diana 25Issn :2460-7274E-Issn:26858177 6:25–30.

Pristiwanti, desi;badariah bai; hidayat sholeh; dewi ratna sari. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:7911–15. doi: 10.33387/bioedu.v6i2.7305.

Raudhatul F.2017. Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. ( Skripsi, UIN AR- RANIRY, 2017) Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/1787/1/SKRIPSI%20RAUDHATUL%20FITRI%20201325048.pdf

Dwi, S. & Siti, Y. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Diakses 23 Mei 2023, dari https://media.neliti.com/media/publications/267004-peningkatan-hasil-belajar-pemecahan-masa-b52e9605.pdf

Tara.2019. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Sekolah Dasar Negeri 56 Kota Bengkulu. Dikases 24 Mei 2023, dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/2835/1/SKRIPSI%20TARA%20OVIANI.pdf

Manfaat Pendidikan Bagi Generasi Muda. (2020). Diakses pada 10 Mei 2023, dari https://kwikkiangie.ac.id/home/2020/08/04/manfaat-pendidikan-bagi-generasi-muda/

Radar Kudus. (2022). Pentingnya Pendidikan Dasar Untuk Anak Usia SD. Diakses pada 10 Mei 2023, dari https://radarkudus.jawapos.com/pendidikan/27/02/2022/pentingnya-pendidikan-dasar-untuk-anak-usia-sd/

Aina M. (2012). Pengertian Hasil Belajar Soswa dan Faktor. Diakses pada 23 Mei 2023, dari https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html

Jejak Pendidikan. (2016). Aspek-aspek Hasil Belajar. Diakses pada 25 Mei 2023, dari http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/aspek-aspek-hasil-belajar.html

Gramedia. Media: Pengertian, Fungsi, dan Jenis yang perlu Kamu Tahu. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/media/

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)