PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

Authors

  • Ines Priskila Djaleha Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20045

Keywords:

Keaktifan Siswa1, Model Discovery Learning2.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, (2) siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan (Media pembelajaran yang kurang bervariatif), (3) siswa kurang memberi respon terhadap pertanyaan yang diajaukan guru, (4) siswa belum memahami secara maksimal materi yang disampaikan, dan (5) kurangnya penerapan model pembelajaran yang tepat untuk karakteristik peserta didik yang ada dikelas. Adapun Tujuan penelitian ini menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan metode penelitian tindakan kelas(PTK). teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi . subjek penelitian adalah siswa kelas IIA  dengan jumlah siswa 18 orang.  Berdasarkan hasil data penelitian, keaktifan peserta didik pada setiap indikator menunjukan presentase rata-rata pada pra siklus 53%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 67 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apri Dwi Prasetyo, Muhammad Abduh (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalu Model Discovery Learning Di sekolah Dasar

Basir, M., Bayu, A.T. and Sudarjat, A. (2021) ‘Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK

Secara Online’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, p. 54. Available at:

http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1244.

Febriana, M. et al. (2018) ‘Penerapan model pembelajaran Inquiry Pic t orial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa The

Implementation of Inquiry Pictorial Riddle Learning Model to Increase Students ’ Activity’, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan

(JPFK), 4(2), pp. 6–12. Available at: https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879.

Firmansyah, Y. L., Andriani, A., & Suliswati, L. (2021). Meningkat Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Edukasi Quiziz.

Hasnan, S.M., Rusdinal, R. and Fitria, Y. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(2), pp. 239–249. Available at:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318.

M.R.A. Luthfi, Choirul Huda, Joko Susanto(2021). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan keaktifan

belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V tema 8 di SD Negeri 1 Selo, Kabupaten Grobongan Jawa Tengah

Nurfadilah, D., Kusumaningsih, W. and Suciana, F. (2021) ‘Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Tema 8

Kelas V SDN Randusanga Wetan 01 Kecamatan Brebes’, Malih Peddas, 11(1), pp. 32–44. Available at:

http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas.

Rahayu, Iin Puji., & Hardini, A.T.., 2019. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.

Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol. 3, 193–200. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)