PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20045Keywords:
Keaktifan Siswa1, Model Discovery Learning2.Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, (2) siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan (Media pembelajaran yang kurang bervariatif), (3) siswa kurang memberi respon terhadap pertanyaan yang diajaukan guru, (4) siswa belum memahami secara maksimal materi yang disampaikan, dan (5) kurangnya penerapan model pembelajaran yang tepat untuk karakteristik peserta didik yang ada dikelas. Adapun Tujuan penelitian ini menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan metode penelitian tindakan kelas(PTK). teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi . subjek penelitian adalah siswa kelas IIA dengan jumlah siswa 18 orang. Berdasarkan hasil data penelitian, keaktifan peserta didik pada setiap indikator menunjukan presentase rata-rata pada pra siklus 53%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 67 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.Downloads
References
Apri Dwi Prasetyo, Muhammad Abduh (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalu Model Discovery Learning Di sekolah Dasar
Basir, M., Bayu, A.T. and Sudarjat, A. (2021) ‘Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK
Secara Online’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, p. 54. Available at:
http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1244.
Febriana, M. et al. (2018) ‘Penerapan model pembelajaran Inquiry Pic t orial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa The
Implementation of Inquiry Pictorial Riddle Learning Model to Increase Students ’ Activity’, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan
(JPFK), 4(2), pp. 6–12. Available at: https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879.
Firmansyah, Y. L., Andriani, A., & Suliswati, L. (2021). Meningkat Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Edukasi Quiziz.
Hasnan, S.M., Rusdinal, R. and Fitria, Y. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(2), pp. 239–249. Available at:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318.
M.R.A. Luthfi, Choirul Huda, Joko Susanto(2021). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V tema 8 di SD Negeri 1 Selo, Kabupaten Grobongan Jawa Tengah
Nurfadilah, D., Kusumaningsih, W. and Suciana, F. (2021) ‘Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Tema 8
Kelas V SDN Randusanga Wetan 01 Kecamatan Brebes’, Malih Peddas, 11(1), pp. 32–44. Available at:
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas.
Rahayu, Iin Puji., & Hardini, A.T.., 2019. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.
Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol. 3, 193–200. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.