HUBUNGAN FASILITAS KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22011Keywords:
fasilitas kelas, motivasi belajar siswa, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas kelas terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 20 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I−VI Sekolah Dasar Pangarangan 3 berjumlah 250 siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat hubungan fasilitas kelas terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut berarti pada penelitian yang dilakukan memiliki pengaruh langsung yang kuat. Dengan fasilitas belajar yang lebih lengkap dan memadai maka siswa akan lebih termotivasi dalam belajar. Fasilitas belajar yang lengkap akan memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih giat belajar sehingga hasil belajar siswa tersebt menjadi lebih baik atau meningkat.Downloads
References
Afsari, S., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 535–543.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna, 10(2), 351–370.
Dermawan, O. (2020). Manajemen Fasilitas Pendidikan. Edu Pustaka.
Dharma, D. S. A. (2022). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah. Speca, 3(2), 115–123.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, 11(April 2021), 187–201.
Jainiyah, Fahrudin, F., Ismiasih, & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.
Khairunnisa, R., Aslindah, A., & Rahmadana, A. F. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 001 Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 146–151.
Kurnaengsih, & Masruroh, L. (2006). Hakekat Belajar Dalam Pandangan Piaget. 52–60.
Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., & Hadi, R. T. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa, 2(2).
Rombot, T. M., Mamahit, C. E. J., Ticoh, J., & Tuegeh, M. (2022). Hubungan Fasilitas dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Bidang Studi Semester 1 Pendidikan Teknik Elektro. JURNAL EDUNITRO, 2(2), 115–122.
Saputra, P. A., & Yanuarita, P. (2017). Hubungan Fasilitas Belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(1), 37-44.
Siregar, E. S., & Tarigan, F. N. (2022). Pengaruh Faktor Fasilitas Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn 060880. Jurnal Eduscience, 9(3), 625-634.
Utami, Y. R. (2019). Kajian tentang Hubungan Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar. April, 313–316.
Widayat Prihartanta. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Zainuddin, Manahim, B. N., Rohmah, A. A., & Jannah, K. (2023). Alternatif Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Desain Fasilitas Kelas Di SDN Karangduak II. 24.
Zainuddin, Z., Shiddiq, A., & Agustina, P. (2023). Fostering The Character Of Love For The Homeland Through The Smart Card Learning Media In Elementary Schools. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(2), 221-242.
Zainuddin, Z., Mulyadi, M., & Purwitasari, E. (2023). Optimalisasi pemahaman desain pengelolaan fasilitas kelas melalui kegiatan bedah kelas di tingkat sekolah dasar Kabupaten Sumenep. Jurnal Edu-Dharma, 2(2), 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.