PENGARUH MEDIA PUZZLE WOODEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA FASE A DI SD NEGERI POLAGAN 1

Authors

  • Irham Maulana STKIP PGRI Sumenep
  • Zainuddin Zainuddin STKIP PGRI SUMENEP
  • Agus Wahdian STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23559

Keywords:

Media puzzle wooden, hasil belajar, matematika bangun datar, siswa fase A, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan matematika, khususnya pada materi bangun datar, sering kali dianggap sulit oleh siswa di sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam matematika, yang memerlukan pendekatan yang lebih konkret dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media puzzle wooden terhadap hasil belajar matematika bangun datar pada siswa fase A di SD. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen dengan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media puzzle wooden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar matematika bangun datar pada siswa yang menggunakan media puzzle wooden dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakannya. Media ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika tetapi juga memperkuat keterampilan spasial dan logika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran inovatif yang dapat menarik perhatian siswa dan membantu mereka memahami materi yang sulit, sehingga dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran matematika di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini juga merekomendasikan penggunaan media puzzle wooden sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar di berbagai mata pelajaran yang berhubungan dengan konsep geometri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardiansyah, F., Sukitman, T., Wahdian, A., & Hodairiyah, H. (2024). The Use of Differentiated Digital Learning Models to Enhance Science Problem-Solving in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1462–1474. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5087

Zainuddin, Z., Mulyadi, M., & Purwitasari, E. (2024). Optimalisasi pemahaman desain pengelolaan fasilitas kelas melalui kegiatan bedah kelas di tingkat sekolah dasar Kabupaten Sumenep. Edu-Dharma, 2(2), 1–10.

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999-2006.

Anggraini, L. (2022). Pembelajaran kuantum dalam matematika. Guepedia.

Sogen, D. E., Lawotan, Y., & Hero, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II SD Inpres Belang. Journal on Education, 5(3), 6492-6599.

Ghazy, S. A., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media Woody Puzzle Berbasis Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas II SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5764-5775.

Ariyanti, M. Y., & Ahsani, E. L. F. (2022). Penerapan media pembelajaran puzzle bangun datar untuk meningkatkan hasil beajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas iv. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60-69.

Aulia, L., & Lubis, N. S. (2023). PENGARUH MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMIKIRAN ALTERNATIF SISWA SD/MI. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 28-32.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Rahmatillah, R., & Surur, M. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII A DI SMPN 1 MANGARAN SITUBONDO. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 7(2), 87-97.

Al Muhandis, M. A., & Riyadi, A. (2023). Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Journal of Applied Multimedia and Networking, 7(2), 98-106.

Nurhasan, N., & Baharsyah, S. (2024). Efektivitas Pembukuan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Toko Ritel Di Lingkungan Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Bogor. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7029-7038

Downloads

Published

2025-03-30