PENGARUH KUALITAS MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22787Keywords:
manajerial kepala sekolah, Iklim sekolah, Kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh kualitas manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data dari 6 responden yang dipilih secara proporsional menggunakan rumus Slovin. Analisis regresi linier berganda dilakukan, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk regresi sederhana dan uji-F untuk regresi berganda. Analisis ini mendukung empat hipotesis: (1) Kualitas manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru; (2) Iklim sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru; (3) Kualitas manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap iklim sekolah; (4) Secara bersama-sama, kualitas manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menyoroti peran gabungan kualitas manajerial dan iklim sekolah dalam meningkatkan efektivitas guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah harus memprioritaskan fungsi manajerial sekaligus mengembangkan iklim sekolah yang mendukung. Komunikasi yang efektif, kolaborasi, dan dinamika hubungan yang kuat merupakan area kunci yang perlu difokuskan untuk meningkatkan hasil kinerja guru. Memperkuat kinerja guru membutuhkan keseimbangan antara tanggung jawab manajerial kepala sekolah dengan upaya menciptakan iklim sekolah yang positif, yang menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan yang berfokus pada kedua aspek ini dapat memberikan manfaat substansial bagi kualitas pendidikan.Downloads
References
Astuti, D., Yuliejantiningsih, Y., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Susukan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 289–296.
Damayanti, D. (2017). Kemampuan manajerial kepala sekolah, iklim sekolah dan mutu sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1), 154–162.
Dasor, Y. W. (2022). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(2), 122–129.
Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 55–61.
Hardiansyah, F., Sukitman, T., Wahdian, A., & Hodairiyah, H. (2024). The Use of Differentiated Digital Learning Models to Enhance Science Problem-Solving in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1462–1474. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5087
Hardiansyah, F., Zainuddin, Z., Sukitman, T., & Astutik, C. (2023). Development Of Learning Media Smart Book To Improve Understanding Of Elementary School Students In Science Learning. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(1), 72–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n1i7
Hastuti, E. R. M. (2006). Pengaruh Kompetensi, Jenis Kelamin, Pola Manajerial Pala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SD Negeri Di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hayati, N., Febrianti, S., Wildanah, F., Luthfiani, L., & Rusli, D. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajerial, Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12030–12035.
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466.
Maruf, H., Arsyad, A., & Mas, S. R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 291–302.
Mulyadi, Mohamad Muspawi, & Dini Apriliani. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Jambi. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 152–165. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i2.768
Ningsih, R. S., Herawan, E., & Sutarsih, C. (2016). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).
Rakhmawati, S., Wiyono, B. B., & Sultoni, S. (2021). Keterampilan manajerial kepemimpinan dan supervisi pengajaran kepala sekolah dan iklim organisasi serta hubungannya dengan kinerja guru. State University of Malang.
Setiawan, A. (2016). Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap efektivitas sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1).
Tampubolon, M., & Sihotang, H. (2019). Hubungan Antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 169–188.
Taqillah, L. (2022). Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Dengan Efektivitas Pembelajaran (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalideres Jakarta Barat). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Wahyuningrum, M. M. (2008). Peranan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Sekolah Di Era Otonomi Sekolah (Suatu Kajian Manajerial). Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 112262.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.