PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALISASI AUDITORI KINESTETIK BERBASIS GAME TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hikmatul Khofifah STKIP PGRI Sumenep
  • Framz Hardiansyah STKIP PGRI SUMENEP
  • Iwan Kuswandi STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21291

Keywords:

model Visualisasi Auditori Kinestetik, Permainan Kata Ludo, Pembelajaran IPAS

Abstract

Efektivitas guru dalam proses pendidikan tercermin dalam hasil belajar siswa. Pembelajaran yang berhasil sering dievaluasi berdasarkan penyajian materi oleh guru. Meskipun demikian, pendidik terus menghadapi tantangan dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dalam pengajaran. Penelitian ini berusaha untuk menguji dampak model pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik berbasis game. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental yang menggunakan desain kelompok pre-test post-tes control. Populasi penelitian terdiri dari 45 siswa, yang dipilih dengan metode pengambilan sampel acak. Sampel penelitian terdiri dari kelompok eksperimen yang terdiri dari 23 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan pertanyaan tes. Hasil penelitian, yang diperoleh dari uji-t, menunjukkan thitung sebesar 19,893 dan ttabel sebesar 2,016. Perbandingan ini menunjukkan bahwa thitung lebi dari ttabel, menunjukkan dampak signifikan dari model pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik berbasis game terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar kelas lima. Game yang digunakan berupa permainan Kata Ludo yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik. Penelitian ini menyarankan penggunaan pendekatan pembelajaran Visualisasi Auditori Kinestetik yang dibantu Permainan Kata Ludo untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara, P. A., & Wirabrata, D. G. F. (2022). Media Visualisasi Auditori Kinestetik (Vak) Terpadu Untuk Stimulasi Keaksaraan Awal Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(3), 428–437.

AR, V. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALISASI AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ekwanda, R. R. M., Nurlaili, N., & Muflihah, M. (2020). Hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar yang diajar dengan model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 36–38.

Fatmiyati, I. (2017). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2014/2015. SOCIAL STUDIES, 2(1).

Kahar, M. S., Layn, M. R., & Nurjanah, S. R. (2018). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Strategi Visualisasi, Auditori, Kinestetik. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 12–21.

Mulyani, D. (2022). Efektifitas Pendekatan Visual-Auditori-Kinestetik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PRISMA, 11(1), 105–112.

Nuraeni, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran VAK Dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMK IT AL-Halim. UIN SMH BANTEN.

NURAENI, F. I. A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DIKELAS VII MTS AL-HALIM BOJONG PANDEGLANG. Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Nuraeni, F., Permana, N. S., & Gunawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Studi di SMK IT AL-HALIM Bojong Pandeglang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 137–163.

Nurhuda, N. I., & Hendrawan, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori Dan Kinestetik (VAK) Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1), 14–20.

Rositasari, D., Maskuri, M., & Mustafida, F. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDIOTORY, KINESTHETIC) BERBASIS MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BUDI MULIA PAKISAJI MALANG. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(8), 153–159.

Royani, L. L. (2019). Upaya Guru Pembimbing Dalam Memberikan Bimbingan Karir Terhadap Kematangan Siswa Kelas Xi Jurusan Dkv Di Smk It Khoiru Ummah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Visual Auditori Kinest. IAIN CURUP.

Royani, L. L., Hamengkubuwono, H., & Arbaini Wahyuningsih, W. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Kelas IV MIN 04 Daspetah Kabupaten Kepahiang. IAIN Curup.

Setiamufti, A., & Simatupang, G. M. (2022). Analisis Miskonsepsi Matematika pada Siswa dengan Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Peluang. Universitas Jambi.

Sumarna, N., Ruqoyyah, S., & Kuswendi, U. (2024). Penerapan model visual auditori kinestetik (VAK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam seni tari pada siswa kelas V sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(6), 1070–1079.

Tamba, A. L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA. Universitas Jambi.

Ulfa, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) dengan Pendekatan Saintifik ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 345–353.

Downloads

Published

2025-03-14

Most read articles by the same author(s)