PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN BRAKAS II
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21303Keywords:
kedisiplinan guru, karakter siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh kedisiplinan gruru terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Brakas II. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan prangkat lunak SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap pembentukan karakter siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,488 dan tingkat signifikansi 0,003 <0,05. Nilai ini menunjukkan hubungan yang erat antara kedisiplinan guru dan pembentukan karakter siswa dalam kata lain bahwa peningkatan kedisiplinan guru dapat memperbaiki sikap, perilaku dan moralitas siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru sebagai teladan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang tertib dan kondusif untuk mendukung optimalisasi pengembangan karakter siswaDownloads
References
Adelfa, T., Mbuik, H. B., & Tanggur, F. S. (2021). Pengaruh Kedisplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas II SDI Bakunase I Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 11–23.
Agustina, Pujiastuti, P., & Mustadi, A. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.40
Atmalai, H. L., Yame, J. A. L., Laupada, D., Maukari, D. M., Batang, H., & Djenmakal, H. B. (2024). Analisis Kedisiplin Guru Terhadap Karakter Peserta Didik di UPTD SD GMIT Paliboo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 140–147.
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).
AR, M. M., Asmoni, A., Aini, K., & Wardi, M. (2024). The Relationship of the 5th Batch Campus Teaching Program to Literacy and Numeracy Skills in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1999-2011.
AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.
Halim, I., & Sumarsih, S. (2022). Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rupit. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 96–102. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.22950
Hana L. Atmalai, Jon A. Lalang Yame, Depopamia Laupada, Dina M. Maukari, Herlina Batang, & Hana B. Djenmakal. (2024). Analisis Kedisiplin Guru Terhadap Karakter Peserta Didik di UPTD SD GMIT Paliboo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 140–147. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3933
Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of field dependent and field independent cognitive styles in solving science problems in elementary schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.
Idhofi, A., & Putri Agustin, W. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Karakter Siswa di SMK Statika Bogor. Rayah Al-Islam, 7(3), 1423–1441. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.851
Ilham, I., & Syamsuddin, I. P. (2022). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Yang Ideal Di Sdn 26 Dompu. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 79–90.
Jamilah, J., AR, M. M., Fauzi, M., Ahmad, S., Arendra, A., Hidayat, K., & Dzulkarnain, I. (2025). Pengolahan Limbah Sabut Kelapa dan Siwalan Sebagai Produk Bernilai Tambah Di Desa Romben Barat Sumenep. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 677-684.
Kuswandi, I., & Asmoni, A. (2023). Epistemologi Keilmuan Pesantren Pendekatan Multidisipliner. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 8(2), 23-34.
Nofriadi, F., Rahmad, T., Rusdi, R., & Fitri, H. (2024). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pola Bilangan Berdasarkan Langkah Polya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2022/2023. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5564–5578.
Nokas, S. S. (2021). PERAN GURU KELAS SEBAGAI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG: Guru Kelas, Guru Bimbingan Konseling, Karakter Siswa. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9.
Nurhayati, N. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Indojaya Agrinusa Kabupaten Kampar. Jurnal Daya Saing, 10(1), 9–15.
Rita Destini, G., Lubis, S., & Siregar, J. (2019). MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BELAJAR SAINS PADA SISWA SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN, 2(1), 544–548.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Sihaloho, W., Pratiwi, R. U., Sari, I. P., Aini, I. Q., Yunita, Z., & Winanda, T. (2023). Perkembangan Konsep Pendidikan dan Klasifikasi Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 754–762. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4169
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
Adelfa, T., Mbuik, H. B., & Tanggur, F. S. (2021). Pengaruh Kedisplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas II SDI Bakunase I Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 11–23.
Agustina, Pujiastuti, P., & Mustadi, A. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.40
Atmalai, H. L., Yame, J. A. L., Laupada, D., Maukari, D. M., Batang, H., & Djenmakal, H. B. (2024). Analisis Kedisiplin Guru Terhadap Karakter Peserta Didik di UPTD SD GMIT Paliboo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 140–147.
Halim, I., & Sumarsih, S. (2022). Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rupit. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 96–102. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.22950
Hana L. Atmalai, Jon A. Lalang Yame, Depopamia Laupada, Dina M. Maukari, Herlina Batang, & Hana B. Djenmakal. (2024). Analisis Kedisiplin Guru Terhadap Karakter Peserta Didik di UPTD SD GMIT Paliboo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 140–147. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3933
Idhofi, A., & Putri Agustin, W. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Karakter Siswa di SMK Statika Bogor. Rayah Al-Islam, 7(3), 1423–1441. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.851
Ilham, I., & Syamsuddin, I. P. (2022). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Yang Ideal Di Sdn 26 Dompu. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 79–90.
Nofriadi, F., Rahmad, T., Rusdi, R., & Fitri, H. (2024). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pola Bilangan Berdasarkan Langkah Polya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2022/2023. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5564–5578.
Nokas, S. S. (2021). PERAN GURU KELAS SEBAGAI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG: Guru Kelas, Guru Bimbingan Konseling, Karakter Siswa. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9.
Nurhayati, N. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Indojaya Agrinusa Kabupaten Kampar. Jurnal Daya Saing, 10(1), 9–15.
Rita Destini, G., Lubis, S., & Siregar, J. (2019). MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BELAJAR SAINS PADA SISWA SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN, 2(1), 544–548.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Sihaloho, W., Pratiwi, R. U., Sari, I. P., Aini, I. Q., Yunita, Z., & Winanda, T. (2023). Perkembangan Konsep Pendidikan dan Klasifikasi Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 754–762. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4169
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.