ANALISIS KEPEMIMPINAN, IKLIM ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP N 9 PEKALONGAN

Authors

  • Ida Solowati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Noor Miyono Manajemen Pendidikan S2 UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21956

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Guru di SMP Negeri 9 Kota Pekalongan sebanyak 19 orang. Sampling dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengolahan data dimulai dari reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan saran. Sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan diantaranya: uji kredibilitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Pekalongan tergolong baik, terutama dalam aspek pembinaan, pengawasan, pemberian motivasi, serta evaluasi kinerja guru. Di sisi lain, kinerja guru juga menunjukkan hasil yang memuaskan dalam berbagai aspek, seperti penyusunan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung utamanya adalah adanya dukungan dan motivasi yang kuat dari Kepala Sekolah. Namun, terdapat juga faktor penghambat, seperti kurangnya proyektor LCD dan akses internet, keterbatasan kemampuan guru dalam mengelola kelas serta menggunakan metode pembelajaran yang variatif, serta masalah disiplin di kalangan guru. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, Kepala Sekolah agar melakukan perbaikan dan penegasan kepada guru, sehingga proses kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru dapat dilaksanakan secara maksimal di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggayani, N. L., Noak, P. A., & Yudharta, I. P. D. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 2 Pemecutan Kota Denpasar). Citizen Charter, 1(1), 1–8.

Isa Alamsyahbana dkk. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (1 ed.). CV. Media Sains Indonesia.

Sutikno, S. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan (Pertama). Holistica.

Khoiri, Ahmad. “ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU.” Akademika : Jurnal Keagamaan dan Pendidikan (2024): n. halaman.

Hamidah, Hamidah and Supardi Supardi. “ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada SDN 46 dan SDN 47 Mandau).” Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi (2024): n. pag.

Seprianto, Riski, Rizqi Alif Ifsyaussalam, Nadia Dama Yanti, Yantoro Yantoro and Bradley Setiyadi. “Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SDN 14/I Sungai Baung.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2023): n. Pag.

Cribbin, (1982). “Kemampuan memperoleh konsensus dan keikatan pada sasaran bersama melampaui syarat-syarat organisasi, yang dicapai dengan pengalaman, sumbangan dan kepuasan kelompok kerja.”

Downloads

Published

2025-03-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>