TRILOGI SUKSES SEKOLAH : RENSTRA, RENOP, DAN PROGRAM KERJA

Authors

  • Khairul Rizal Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Nurus Sa’adah Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Puspa Dewi Maharani Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman M Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21863

Keywords:

Renstra, Renop, Program Kerja

Abstract

Pendidikan memiliki peran strategis dalam mencetak generasi yang kompeten, berintegritas, dan adaptif terhadap tantangan global. Keberhasilan institusi pendidikan dalam mencapai tujuan tersebut sangat bergantung pada penerapan manajemen strategis yang terencana, sistematis, dan berbasis data. Artikel ini mengangkat konsep trilogi sukses sekolah yang terdiri dari Rencana Strategis (Renstra), Rencana Operasional (Renop), dan Program Kerja sebagai pilar utama dalam pengelolaan pendidikan. Renstra berfungsi sebagai kerangka arah jangka panjang, Renop menjabarkannya ke dalam langkah operasional, dan Program Kerja menjadi panduan teknis pelaksanaan. Ketiga elemen ini membentuk sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penetapan prioritas, pengelolaan sumber daya, dan evaluasi kinerja yang berkelanjutan. Artikel ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi konsep utama dari Renstra, Renop, dan Program Kerja; (2) menjelaskan peran trilogi ini dalam pengelolaan sekolah; serta (3) memberikan panduan praktis bagi lembaga pendidikan. Dengan pendekatan yang berbasis data dan contoh kasus, artikel ini menekankan pentingnya sinergi antara ketiga elemen dalam menjawab tantangan pendidikan modern. Penerapan trilogi ini terbukti mampu meningkatkan efektivitas manajemen, responsivitas terhadap perubahan, serta kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan. Artikel ini diharapkan menjadi referensi praktis bagi kepala sekolah, guru, dan pengelola pendidikan lainnya dalam menciptakan institusi yang unggul dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maria, R & Hadiyanto. 2021. Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5). 2012-2024.

Rachmad, F. 2023. Kesadaran Manfaat Perencanaan Strategis Bagi Lembaga Pendidikan. JAAMTER: Jurnal Audit, Akuntansi, Manajemen, Terintegrasi. 1(2). 102-110.

Samsidar, E & Nazir, A. 2021. Rencana Strategis dan Rencana Operasional Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al Khair Jurnal Management Education. 1(1). 237-246.

Setiyani, L. 2018. Rencana Strategis Pendidikan Berbasis Balanced Scorecard. Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. 1(1). 89-98

Yusril, M, Yusri, AF, & Baharuddin. 2023. Konsep Perencanaan Strategis di Lembaga Pendidikan. Nazzama Journal Of Management Education. 2(2). 205-212

BUKU:

Hoy, W.K., dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Lukman, U, Hardhienata, S, & Tukiran, M. 2024. “Klik” Model Efektif Penyusunan Renstra Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rizmedia Pustaka Indonesia.

Luneto, B. 2023. Perencanaan Pendidikan. Mataram: Sanabil.

Machali, I., Hidayat, A. 2016. The Handbook of Education Management, Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.

Virgana & Suendarti, M. 2022. MONOGRAF: Penyusunan Program Kerja Sekolah (Perencanaan Strategis Program Kerja Tahunan Sekolah). Malang: CV Literasi Nusantara Abadi

Downloads

Published

2025-03-30