PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU

Authors

  • Rizki Fauzan SMA Negeri 1 Moga
  • Lasminto SD Negeri Penggaron Kidul
  • Siti Mukhayati SD Negeri 03 Blendung
  • Ngurah Ayu Nyoman M Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27125

Keywords:

school principal leadership, teacher performance, school quality

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru melalui pendekatan studi literatur dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk jurnal ilmiah, buku akademik, dan regulasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang efektif mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memberikan supervisi akademik yang mendukung, serta memotivasi guru untuk terus mengembangkan profesionalisme mereka. Temuan ini menegaskan bahwa kompetensi manajerial, sosial, dan kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap kinerja guru serta kualitas pembelajaran di sekolah. Sebagai kesimpulan, penelitian ini merekomendasikan penguatan kompetensi kepala sekolah dalam aspek kepemimpinan dan manajemen guna meningkatkan mutu sekolah. Dengan demikian, kepala sekolah diharapkan dapat berperan lebih aktif dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, A., & Sumiati. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kesiapan guru untuk berubah terhadap kinerja guru. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 76-82.

Amin, A., & Sumiati. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kesiapan guru untuk berubah terhadap kinerja guru. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 76-82.

Dewi, J., Marsitah, I., & Rizki, S. (2024). Hubungan budaya organisasi, gaya kepemimpinan authentic kepala sekolah, motivasi berprestasi dalam meningkatkan kinerja guru. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1003–1012. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25769

Elliott, K. (2015). Teacher performance appraisal: More about performance or development? Australian Journal of Teacher Education (Online), 40(9), 102-116.

Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam. Nidhomul Haq, 2(2), 53-64.

GTK Dikdasmen. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 posisi dibanding 2018. Diakses dari https://gtk.dikdasmen.go.id

Hakim, L., SjarIis, S., & Asri. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja dan efektivitas program bantuan operasional sekolah (BOS) terhadap kinerja guru. Nobel Management Review, 3(1). E-ISSN: 2723-4983.

Handayani, E., Lian, B., & Rohana. (2021). Kinerja guru ditinjau dari pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. JMKSP, 6(1), 77-87.

Hinings, B., Gegenhuber, T., & Greenwood, R. (2018). Digital innovation and transformation:An institutional perspective. Information and Organization.

Hwang, Y.-S., Bartlett, B., Greben, M., & Hand, K. (2017). A systematic review of mindfulness interventions for in-service teachers: A tool to enhance teacher wellbeing and performance. Teaching and Teacher Education,64, 26-42

Imansyah, M., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi komite sekolah terhadap kinerja guru. JMKSP, 5(2), 135-143.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2016). Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015. Jakarta: Kemdikbud.

Mailina, S., & Ali, H. (2024). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS, 5)(4). https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Mulyasa, E. (2018). Menjadi kepala sekolah profesional. Remaja Rosdakarya.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., ... & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, 372, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Pemerintah Republik Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pratiwi, N. K. A. P., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. (2021). Hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD. JPPP, 5(1), 26-33.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149-162.

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peningkatan profesional guru terhadap kinerja guru di masa pandemi COVID-19. Managere, 2(3), 244-255.

Santiari, L. P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10.

Sari, J. D. R., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. JPPP, 5(3), 329-333.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sovacool, B. K., Axsen, J., & Sorrell, S. (2018). Promoting novelty, rigor, and style in energy social science: towards codes of practice for appropriate methods and research design. Energy Research & Social Science, 45, 12-42. https://doi.org/10.1016/j.erss.2018.07.007

Sudrajat, A. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah: Meningkatkan kinerja guru melalui program pembinaan profesionalisme. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 105–112.

Wijiyono, W. (2019). Hubungan Pengambilan Keputusan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 145-154.

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on conducting a systematic literature review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93-112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971

Downloads

Published

2025-01-06