ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN E-BOOK IPA BERBANTUAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING

Authors

  • Herlina Dewi Rahmawati Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wardani Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Nanik Wijayati Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21769

Keywords:

E-book IPA, Project-Based Learning, Critical Thinking

Abstract

ABSTRACT This study aims to explain the process of student’s learning in critical thinking skill using sciensce e-books assisted by project-based learning models in grade V of elementary school, describing critical thinking skills using science e-books on human digestive system material. The type of research used in this study is descriptive qualitative. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. This research was conducted in grade V of elementary school. The subjects of this study were grade V elementary school students. The data analysis technique used in this study used descriptive analysis techniques. The results of this study indicate that the learning process of human digestive system material using science e-books media can train critical thinking skills of elementary school students. Keywords: E-book IPA, Project-Based Learning, Critical Thinking   ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran siswa dalam keterampilan berpikir kritis menggunakan e-book IPA berbantuan model project-based learning di kelas V Sekolah Dasar, mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis menggunakan e-book IPA materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas V. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa proses pembelajaran materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan media e-book IPA dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: E-book IPA, Project-Based Learning, Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astari, J. I. R., & Sumarni, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Chemistry in Education, 9(2), 1–9.

Christiana, P. P., & Suniasih, Ni Wayan., Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2031

Darlen, Rikma Fitrialeni., Sjarkawi., & Lukman, A. (2015). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1), 13–23.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419

Palupi, Meilani Dyah., Sudarmin, & S. W., & Wardani, S. (2018). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Bermuatan Etnosains. Chemistry in Education, 7(1), 77–83.

Permendikbud No.57. (2014). Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. https://doi.org/10.36928/jrt.v3i1.310

PermendiknasNo.22. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Ristanti, A. D., & Rachmadiarti, F. (2018). Kelayakan Buku Ajar Berbasis Etnosains Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa SMP. E-Jurnal Pensa, 06(02), 151–155. https://media.neliti.com/media/publications/253614-kelayakan-buku-ajar-berbasis-etnosains-p-60371461.pdf

Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Multicultural Based Integrated Thematic E-book in SFH (School from Home) Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796

Sarwi & Subali, B. (2019). IPA Terpadu Berbasis Etnosains. LP3 Unnes.

Sukmana, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1275–1281. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2597

UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Downloads

Published

2025-03-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>