PEMANFAATAN RAPOR PENDIDIKAN SATUAN PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT EVALUASI DAN PERENCANAAN BERBASIS DATA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21377Keywords:
Rapor Pendidikan, , perencanaan berbasis data, mutu pendidikanAbstract
Rapor Pendidikan merupakan instrumen penting untuk menilai kinerja dan mutu pendidikan di berbagai jenjang. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemanfaatan Rapor Pendidikan dapat membantu pemangku kepentingan, seperti kepala sekolah, guru, dan pemerintah, dalam mengevaluasi dan merencanakan peningkatan kualitas pendidikan. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan menelaah literatur yang relevan serta studi kasus implementasi Rapor Pendidikan di beberapa daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rapor Pendidikan mampu memberikan gambaran menyeluruh tentang capaian siswa, mutu sekolah, serta efektivitas kebijakan pendidikan. Namun, tantangan seperti rendahnya pemahaman pengguna dan keterbatasan data perlu diatasi untuk optimalisasi penggunaan Rapor Pendidikan.Downloads
References
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Musakirawati, M., Jemmy, J., Anggriawan, F., Triansyah, F.A., Akib, A., & Tahir, A. (2023). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia terhadap Perencanaan Berbasis Data. JDMP: Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7(2).
Nasyrohah, H., Setiyanti, W., & Wulandari, A. (2024). Peningkatan Mutu Sekolah dengan Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3).
Schildkamp, K., Ehren, M., & Lai, M. K. (2012). Data-Based Decision Making Around the World: From Policy to Practice to Results. School Effectiveness and School Improvement, 23(2), 1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.