PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Nurul Fatmawati Universitas Mataram
  • Nani Kurniati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram, Mataram
  • Ratna Yulis Tyaningsih Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram, Mataram
  • Syahrul Azmi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram, Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20813

Keywords:

Hasil belajar, Kepercayaan diri, Lingkungan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram sebanyak 54 siswa. Adapun sampel yang digunakan sampel jenuh atau total sampling dimana seluruh populasi manjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar matematika. Tehnik analisis data menggunakan uji statistik yang digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresinya  nilai korelasi sebesar  sehingga terdapat hubungan yang positif kuat ; 2) Ada pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresinya nilai korelasi sebesar  sehingga terdapat hubungan yang positif kuat; dan 3) Ada pengaruh lingkungan belajar dan kepercayaan diri secara bersama-sama persamaan regresi nilai korelasinya sebesar  sehingga terdapat hubungan yang positif kuat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan membangun rasa kepercayaan diri siswa melalui penguatan positif, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat., M., & Lestari, K., D. (2016). “Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas”. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1). doi: 10.30998/formatif.v6i1.752.

Aini, H., Mubarokah, N., L., Yunita, M., M., M. ,Rahmawati, S., & Msrhseni, N., H. (2023). “Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil belajar matematika Siswa”. Journal of Educational and Cultural Studies. 2 (1), 106-113. doi.org/licenses/by-nc-nd/4.0.

Andani, T., & Sarilah. (2023). “Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kayangan”. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1),351-357.doi:org/10.3631/lpi.v4i1.108

Dewi, F., C., & Yuniarsih, T. (2020). “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Menajemen Perkantoran, 5(1), 1-13. doi: 10.17509/jpm.v4i2.18008.

Harjali. (2019). Penataan Lingkungan Belajar: Strategi Untuk Guru dan Sekolah. Malang: CV Seribu Bintan.

Harso, A., & Seku, A., Y. (2023). “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPK Inemete Nangapanda”. Jurnal Inovasi Penelitian. 3(9), 7589-7594. DOI:https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2452.

Irman,R.,F., Amir, Z., & Risnawati. (2022). "Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar". MIMBAR PGSD Undiksha. 10(3),483-489. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49818.

Lestari, P., Hayati, L., Kurniawan, E., & Amrullah. (2022). “Pengaruh Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 2(3):748–56. doi:10.29303/griya.v2i3.218.

Marlina, L., & Sholehun. (2021). "Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong". Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. 2(1), 66-74. DOI:https://unimuda.e- jurnal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/952/582.

Ningsih., Sri., Haryaka, U., & Watulingas. (2019). “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda.” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 8(1):43–54. doi: 10.30872/primatika.v8i1.140.

Nurdianti., Halidin., & Farman. (2021). “Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8 (1), 20-28. dikan, 8(1),

20-28. doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8672.

Nurhasanah., Sripatmi., Salsabila, N., H., & Azmi, S. (2023). “Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra”. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 3(4):571–81. doi: 10.29303/griya.v3i4.404.

Nurbayanti, A., Amrullah., Eka, Kurniawan., & Nurul, H. (2023). “Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 1Kediri Ajaran 2023/2024”. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2(9), 4098-4110. DOI:https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14180.

Ole, A., A., & Dipan, E., G. (2023). "Hubungan Kondisi Lingkungan Belajar di Sekolah dan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika. 2(1) 71-78. DOI:https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1401.

Rukmana, R., A., Sripatmi., Salsabila, N., H., & Hayati, L. (2023). "Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika". Al-Irsyad Jurnal of Mathematics Education, 2(1), 26-35. DOI:https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.49.

Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R., Y., Lu’luilmaknum, U., & Kurniawan, E. (2022).“Faktor- faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Era Now Normal”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 7(2), 309-316. DOI:10.29303/jipp.v7i2.303.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif.dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>