MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI AI UNTUK PEMBELAJARAN PKN YANG INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yayuk Sumarni Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ahmad Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20728

Keywords:

Teknologi AI, Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah dasar. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana penerapan AI memengaruhi keterlibatan siswa, pemahaman materi, dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi proses pembelajaran, dan analisis dokumen, seperti modul ajar dan hasil evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI memberikan dampak positif terhadap pembelajaran PKn. Teknologi AI mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif dan interaktif, sehingga siswa lebih antusias dan termotivasi untuk belajar. Fitur seperti kuis adaptif dan simulasi berbasis AI meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kewarganegaraan, sementara data analitik dari aplikasi membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan literasi digital guru yang perlu ditingkatkan. Jadi, integrasi AI dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar dengan menciptakan pembelajaran yang relevan, menarik, dan efektif. Dengan dukungan infrastruktur dan pelatihan berkelanjutan, teknologi ini memiliki potensi untuk diterapkan lebih luas di sekolah dasar, mendukung pengembangan keterampilan siswa di era digital. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi inovasi pendidikan berbasis teknologi di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dahlan, A. (2024). Literasi Digital Akademik. TOHAR MEDIA.

Herdiansyah, R. F. P., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7176–7181.

Husen, M. Y. (2020). Belajar aktual dengan snowball throwing teaching. CV Jejak (Jejak Publisher).

Lamato, T. I., Ramadya, A. D., Pattipillohi, A., & Hakeu, F. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Innovative Education Insights Journal, 1(1), 1–10.

Marista, M. (2024). Pengembangan media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada materi nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas V SD Padmajaya Palembang (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Palembang).

Mustari, M., Zainuri, H., Krisnaresanti, A., Eprillison, V., Aritonang, M. A. S., Nasori, A., ... & Puspitasari, R. (2024). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Nurlaili, L., & Utami, S. (2023). Transformasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Integrasi Teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 241–248.

Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital: Pedoman Menghadapi Society 5.0. Samudra Biru.

Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan dan Penggunaan Bijak pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13–25.

Rulyansah, A., Mardhotillah, R. R., Budiarti, R. P. N., Afandi, M. D., & Aisah, P. L. (2022). Pengembangan Profesional Pendidik SD dalam Penggunaan Aplikasi Sekolah Literasi Digital Berbasis Artikulasi Artificial Intelligence. Indonesia Berdaya, 4(1).

Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk pribadi yang berkarakter pada anak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335.

Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157.

Shefira, A., Dewi, N. R., & Octaviani, R. (2024). Inovasi Pembelajaran PKN di Era Digital dengan Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10–10.

Thalib, N., Puspa, L., & Situmorang, P. L. (2024). Meningkatkan Kompetensi Guru SMA Negeri Buti Merauke Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Artificial Intelligence. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 1053–1059.

Tumarjio, A. E. (2024). The utilization of artificial intelligence (AI) in developing professional competence and creativity of educators in the 4.0 era. In International Conference on Applied Social Sciences in Education (Vol. 1, No. 1, pp. 373–380).

Zulfa, E., Roshayanti, F., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4684–4692.

Downloads

Published

2024-12-17

Most read articles by the same author(s)