PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MELALUI PENERAPAN KONSEP KODRAT ALAM DAN ZAMAN SDN PEDURUNGAN KIDUL 04

Authors

  • Widya Nurhayati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Dinar Dwie Santos Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20484

Keywords:

Kodrat Alam, Kodrat Zaman, Prestasi Akademik, Peran Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan prestasi akademik siswa melalui penerapan konsep kodrat alam dan zaman di SDN Pedurungan Kidul 04 yang mencakup beberapa hal, seperti, mengetahui sejauh mana peran guru dalam menerapkan konsep Kodrat Alam dan Zaman dan menganilisii bagaimana penerapan konsep Kodrat Alam kodrat Zaman terhadap prestasi akademik siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pedurungan Kidul 04. Obyek dari penelitian ini adalah Analisis penerapan konsep kodrat alam dan zaman di SDN Pedurungan Kidul 04, sedangkan subjek penelitian ini adalah bpk/ibu guru SDN Pedurungan Kidul 04. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan cara menghimpun data-data faktual dan mendiskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep kodrat alam dan zaman yang sudah diterapkan di SDN Pedurungan Kidul 04 berpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik siswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cutler, S. (2020). Work in progress - A problem-based curriculum in support of structured learning experiences to prepare ph.d. candidates for independent research. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, 2020.

Green, E. L. (2018). The independent learning in science model of school-based curriculum development. School-Based Curriculum Development in Britain: A Collection of Case Studies, 14–40. https://doi.org/10.4324/9780429454622-2.

Huckaby, L. V. (2020). The Life After Surgical Residency (LASR) Curriculum for Surgical Residents: Addressing the Nonclinical Barriers to Preparedness for Independent Practice. Journal of Surgical Education, 77(2), 254–259. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2019.09.017.

Mudyahardjo Redja, Pengantar Pendidikan. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Prastowo, A. I. (2020). The Independent Learning Curriculum Concept of Imam Zarkasyi’s Perspective in Pesantren for Facing the Era of Society 5.0. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452147

Simoni, Z. R. (2023). The Eager Conformist, the Well-Rounded Collaborator, and the Independent Innovator: A Qualitative Exploration of Teachers’ Conceptions of the Ideal Student, the Hidden Curriculum, and Social Class. Sociological Focus, 56(4), 424– 444. https://doi.org/10.1080/00380237.2023.2239743.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: rajawali Press Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>