ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI BERBANTUAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Rakhmad Fierdiansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiq'faroh Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20357

Keywords:

Membaca pemahaman, cerita bergambar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Abstrak. Membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Siswa dengan kemampuan membaca dan memahami dapat dengan mudah menyerap ilmu dan pengetahuan akan tetapi pembelajaran membaca yang terkesan monoton membuat siswa kelas IV mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan yag berdampak pada rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berdeferensiasi menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskritif dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan angket kepda guru dan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memerlukan model pembelajaran yang dapat memvisualisasikan pembelajaran secara konkret dan menyenangkan, Temuan ini mendukung pengembangan media pembelajaran berdiferensiasi berbantuan buku cerita bergambar sebagai sarana yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi belajar pada siswa kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: Membaca pemahaman, cerita bergambar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipta, H., Maryaeni, Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 1(5), 989-992. Doi:

http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337

Andriani, W., & Lestari, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 98-106

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). Membaca Pemahaman Melalui Metode The Learning Cell Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sdn Gugus 04 Kecamatan Pujut 1(2), 77–84

Arikunto. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Dalman. (2021). Keterampilan Membaca (Keempat). Rajawali Pers

Alfu, N.L. & Yati. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Jurnal Studi Gender Dan Anak. 2(2), 174-187. doi: http://dx.doi.org/10.18592/jsga.v2i2.477

Hakim, A., & Ramadhani, A. (2020). Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 45-53.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2021). The Action Research Planner. Singapore: Springer.

Nugraha, A., Susanto, E., & Rahayu, D. (2022). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural, 9(1), 112-121.

Pratiwi, R., & Santoso, A. (2021). Efektivitas Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(3), 78-85.

Ramadhani, T. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar: Pendekatan Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 150-162.

Asma Nurani, Ahid Hidayat, Arvyaty. 2023. “Vol. 6, No. 1, Maret 2023 Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO.” 6(1):24–32.

Chasanah, Faricha Uswatun, Muslimin Ibrahim, Muhammad Thamrin Hidayat, and Dewi Widiana Rahayu. 2021. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Buku Cerita Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3644–50. Doi: 10.31004/basic.v5i5.1397.

Kemendikbudristek. 2021. “Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.” Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran 130.

Siregar, Ummi Aisyah, Nadya Silvi, and Wahyuni Hasibuan. n.d. “MANUSIA.” 95–104.

Safitri, M., & Rahman, A. (2022). Inovasi Pembelajaran Melalui Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 15(2), 87-95.

Tahara, Annisa. (2020).

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDn 149 Baku-BakuKabupaten Luwu Utara. (Skripsi tidak diterbitkan, Program Sarjana Universitas Cokroaminoto Palopo, 2020).

Fitriyani, D. (2020). Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode SQ3R. Jurnal Pesona, 3(1), 43-49.

Harahap, M. K. (2016). Membangkitkan Bilangan Prima Marsenne dengan metode Bilangan Prima Probabilistik Solovay-Strassen. Publikasi Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 1(1).

Muhibbin Syah. (2020). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, F. H., Ilmiah, U., & Niswa, B. (2021). Model Dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD (L. Ariyanti (ed.); Pertama). Scopindo Mediapustaka.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi Rakhmat, A. (2018). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. III N, 23–34.

Nopriani, H., & Pebrianti, I. T. (2021). Membaca Komprehensif (Pertama). Deepublish Publisher.

Nyihana, E. (2021). Metode PjBL Berbasis Scientific Approach dalam Berfikir Kritis dan Komunikatif bagi Siswa (Abdul (ed.); Pertama). Penerbit Adab.

Rahmatiah, Nurhalisah, Andi Paida. (2022). Implementasi Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration And Creativity (4C) oleh Guru Bahasa Indonesia di SMPN 10 Barru. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 2, No. 2, 2022.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275.

Rosnaningsih, A., Izati, S. N., & Fadhillah, D. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi Bagi Calon Guru Pendidikan Sekolah Dasar (Pertama). Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar (Moh. Nasrudin (ed.); Pertama). PT. Nurhidayah.

Sunarto. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Tombo-Tombolo Kabupaten Jeneponto. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>