PERAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MEMFASILITASI DIFERENSIASI PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 PAMOTAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20177Keywords:
supervisor pendidikan, diferensiasi pembelajaran, Kurikulum Merdeka, SDN 1 PamotanAbstract
Peran supervisor pendidikan sangat penting dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, terutama dalam memfasilitasi diferensiasi pembelajaran. Diferensiasi pembelajaran adalah strategi untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa melalui penyesuaian kecepatan, tingkat, dan jenis instruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisor pendidikan di SDN 1 Pamotan dalam memfasilitasi guru-guru untuk mengimplementasikan diferensiasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisor berperan sebagai fasilitator, mentor, dan evaluator, yang memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru dalam menyusun dan menerapkan strategi diferensiasi. Temuan ini menegaskan pentingnya supervisi yang partisipatif dan kolaboratif dalam mendukung keberhasilan Kurikulum Merdeka.Downloads
References
Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2010). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Boston: Allyn & Bacon.
Glickman, E. S. (2021). Pengembangan Supervisi Pendidikan. New York: Routledge.
Ismail, F. F., & Sudarmadi, D. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada. Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 1–13.
Kurnianingtyas, D., & Nugroho, A. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Media Press.
Mintzberg, H. (1987). Strategy: A Pattern in a Stream of Decisions. Harvard Business Review, 65(4), 66-75.
Sanjaya (2012). Dalam Kurnianingtyas, S., & Nugroho, D. (Eds.), Teknik Pengumpulan Data Wawancara (hlm. 70).
Sanjaya, Wina. (dalam Kurnianingtyas dan Nugroho, 2012). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Praktis dan Teoritis.
Siyoto, S., & Sodik, M. (2015). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (dalam Ismail dan Sudarmadi, 2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: ASCD.
Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), 47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.