PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POINT BOOK EDUCATION MONOPOLY (POOKEMON) DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20123Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Matematika Bangun Datar, Keterampilan BerbicaraAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk memudahkan dan mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika serta melatih keterampilan berbicara. Subjek penelitian adalah siswa SD Islam di Surabaya. Penelitian dan pengembangan ini dalam proses tahapannya hanya sampai tahap kevalidan. Dimana kevalidan tersebut telah dilakukan validasi terhadap tiga validator.Hasil penelitian dan pengembangan ini berhasil mengembangkan sebuah media pembelajaran Pookemon yang telah diuji kevalidannya oleh para validator dan telah dilakukan revisi dan beberapa perbaikan yang diberikan oleh para validator. Hasil validator pertama media pembelajaran tersebut mendapatkan skor 85%; validator kedua 77,5%; validator ketiga 95%. Dimana skor tersebut memiliki kriteria dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang telah dikembangkan,kriteria dari skor validator pertama adalah “Sangat Baik”; validator kedua “Baik”; validator ketiga “Sangat Baik”. Maka dari ketiga hasil validasi yang telah diberikan dapat di rata-rata dan disimpulkan media pookemon yang telah dikembangkan mendapatkan skor 86% dimana skor tersebut masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian media pembelajaran pookemon yang telah dikembangkan dapat dikatakan telah valid dan masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.Downloads
References
Afiani, K. & Putra, D. (2017).Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah.Elementary School Education Journal. Vol 1: Hal 39.
Febriana, I dkk. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Kemampuan Matematika Di Tinjau Dari Data PISA 2022. Jurmal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa. Vol 2 No 4.
Hidayat & Muhajir. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V SD Siti Aminah Surabaya. Journal Pendidikan Seni Rupa.Vol 3 Nomor 2.
Maulaty, R. (2015). Mengapa Matematika di Anggap Sulit? (Online). Diakses dari https://www.kompasiana.com/rahayulala/54f677b4a33311e6048b4d86/mengapa-matematika-dianggap-sulit . Februari, 1. 2020.
Mirnawati, L. & Pribowo, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD FKIP Universitas SD Surabaya. Elementary School Education Jurnal . Vol 1: 144
Nurfadhillah S, dkk. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. Jurnal Edukasi dan Sains. Volume 3, Nomor 2.
Parsianti, I dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematiak dan Matematika. Vol 6 Nomor 2.
Samura, A. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya.Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 4, No 1: Hal 70.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahbarina, M. (2017).Pengembangan Media Monoraja Untuk Siswa Sekolah Dasar.Pengembangan Media Monoraja Untuk Siswa Sekolah Dasar. Vol 4 (3)
Suriani, A dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 5 Nomor 2.
Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar : Antara Kepercayaan VS Realita. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 6 No 1.
Ulfaeni, dkk.(2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Wardhani, N. dkk. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah Dasar : Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol.4: 128.
Wulandari, AP dkk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education. Volume 05 Nomor 02.
Hidayat & Muhajir. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V SD Siti Aminah Surabaya. Journal Pendidikan Seni Rupa. Vol 3 Nomor 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.