PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
National Character, Education, Citizenship Education , CivicsAbstract
ABSTRAK Krisis Karakter Mengancam nilai karakter bangsa yang berakhir bagi bangsa Indonesia. Indonesia perlu mengambil tindakan untuk mengatasi karakteristik negatif masyarakat Indonesia yang terkena dampak negatif globalisasi Pendidikan kewarganegaraan telah dimasukkan ke dalam kurikulum, dan pembelajaran dilaksanakan di pendidikan dasar pada semua jenjang. Fungsi dan peran pendidikan kewarganegaraan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. PKn wajib diajarkan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat ahli. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat karakter Indonesia. Ajaran Pancasila didasarkan pada ciri-ciri kebudayaan Indonesia yang merupakan nilai-nilai yang menjadi pedoman dalam kehidupan masyarakat Pancasila sehari-hari. Hal ini menjelaskan mengapa PKn diajarkan dan bagaimana perserta didik ditangani di kelas dasar. Namun demikian, pendidikan karakter bagi siswa tidak akan berhasil jika hanya berfokus pada sekolah saja; diperlukan masukan tambahan dari lingkungan sekitar. Jadi, itu tidak adil. apabila ketidakberhasilan dalam membentuk karakter bangsa justru di salahkan hanya pada satu pihak saja Kata Kunci : karakter bangsa, pendidikan, pendidikan kewarganegaraan, Pkn ABSTRACT Character Crisis Threatens the end of the value of national character for the Indonesian people. Indonesia needs to take action to overcome the negative characteristics of Indonesian society who are negatively impacted by globalization. The aim of Citizenship Education (PKn) is to develop national character. This is one of the three types of education. Civics must be taught from basic to expert level. This is intended to strengthen Indonesia's character. The teachings of Pancasila are based on the characteristics of Indonesian culture, which are the values that guide the daily life of the Pancasila community. This explains why Civics is taught and how students are handled in the elementary grades. However, character education for students will not be successful if it only focuses on school; additional input from the surrounding environment is needed. So, that's not fair. If the failure to shape the nation's character is blamed on only one party. Keywords : National character, education, citizenship Education , CivicsDownloads
References
Artikel in Press :
Bego, K. C., Studi, P., Sejarah, P., & Flores, U. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam. 5(3), 235–240.
Dewi, R. R., Suresman, E., & (2021).Pendidikan KewarganegaraanSebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: Journal of …, 2(1), 79.
Setiawan, D. (2015). Pendidikan
Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan. Jupiis: Jurnal Pendidikan xx(4), 58–72.
Wahab, A. A., & Sapriya. (2011).
Teori dan landasan Pendidikan
Kewarganegaraan. Alfabeta.
Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan
Karakter Bangsa. Seminar Nasional“Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya
Saing Global.”
Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan
Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Widya Aksara Press
Menyenangkan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.
Suhardiyansyah, M. Y., Budiono, B.,
& Widodo, R. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bidang Studi
Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum
Akbal, M. (2016). Pendidikan
Kewarganegaraan dalam Pembangunan
Karakter Bangsa. Gadjah Mada University
Press Bekerjasama Dengan LAN RI., 1(1),
485–493..
Jurnal :
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Undiksha Vol. 9 No. 2 (Mei,2021)https://ejournal.undiksha.ac.id/i
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Undiksha Vol. 9 No. 2 (Mei, 2021)
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJ
Kurniawan, MI (2013). Integrasi
Pendidikan Karakter Ke Dalam
Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan PengembanganSekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.