ANALISIS PERAN EVALUASI FORMATIF DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16820Keywords:
Evaluasi formatif, Proses PembelajaranAbstract
Evaluasi formatif merupakan salah satu metode untuk mengukur pengetahuan siswa terhadap tahapan pembelajaran di sekolah. Salah satunya berfokus pada perbaikan dan terjadi di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari tindakan penelitian ini yakni untuk mencaritahu tentang peran evaluasi formatif untuk mendukung siswa selama melakukan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, dengan cara mengumpulkan beberapa data dari beberapa referensi. Dapat diharapkan dari hasil penelitian ini agar mengetahui seberapa penting evaluasi formatif dalam membantu siswa dalam proses pembelajaran dan guru dapat menerapkannya di dalam kelas.Downloads
References
Ade Hera, H. E. (2021). Penilaian
Sumatif dan Penilaian Formatif
Pembelajaran Online. Report of
Biological Education, 1-10.
Ahyan Mujahidittauhid, N. H. (2024).
Tes Formatif dan Dampaknya
pada Hasil Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran PPKn. Indonesian
Journal of Education and
Development Research, 559-569.
Desti Pratiwi, R. A. (2022).
PENYUSUNAN DAN
PELAKSANAAN DESAIN
EVALUASI FORMATIF DI SD
NEGERI PANINGGILAN 06
CILEDUG KOTA TANGERANG.
Jurnal Penelitian Guru Indonesia,
-22.
Firani Putri, S. Z. (2023). Mengukur
Keberhasilan Evaluasi
Pembelajaran: Telaah Evaluasi
Formatif Dan Sumatif Dalam
Kurikulum Merdeka. Jurnal
Pendidikan Sosial dan Humaniora,
-180.
Ina Magdalena, D. N. (2020).
ANALISIS EVALUASI FOEMATIF
DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA DI KELAS 1 SDI
ALEXANDRIA. Jurnal Edukasi dan
Sains, 360-374.
Ina Magdalena, H. W. (2020).
ANALISIS INSTRUMEN
EVALUASI FORMATIF PADA
MATA PELAJARAN IPA KELAS IV
SDN SALEMBARAN III. Jurnal
Pendidikan dan Sains, 68-82.
Ina Magdalena, S. O. (2020).
MENGANALISIS PELAKSANAAN
EVALUASI FORMATIF SISWA DI
MI NURUL HUDA KOTA
TANGERANG. Jurnal Pendidikan
dan Ilmu Sosial, 487-495.
L, I. (2019). EVALUASI DALAM
PROSES PEMBELAJARAN.
Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam, 920-935.
M.K, P. Z. (2014). Peran Penilaian
Formatif Terhadap Motivasi Belajar
Mahasiswa, Sebuah Tinjauan
Pustaka. Syifa MEDIKA, 56-62.
Prawira, K. A. (2023). Peran Evaluasi
Formatif dalam Menilai
Pemahaman Matematika Siswa di
Lingkungan Pembelajaran Online.
Duniailmu.org, 1-21.
Rissa Puspita Sari, R. A. (2023).
Analisis Keefektifan Penilaian
Formatif Berbantuan Media Oodlu
pada Pembelajaran PPKn di SD.
Progressive of Cognitive and
Ability, 171-179.
Sanawia, R. F. (n.d.). Pelaksanaan
Evaluasi Formatif Dalam Mengukur
Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di
Kelas V SDK TSM Posona. Jurnal
Kreatif Online, 5.
Triana, D. D. (2016). Strategi
Evaluasi Formatif Sebagai
Peningkatan Keterampilan Menari.
Panggung, 1-13.
Triasari Andayani, F. M. (2023).
Peran Penilaian Pembelajaran
Dalam Meningkatkan Prestasi
Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal
Educatio, 924-930.
U.S, S. (2015). HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA DITINJAU
DARI INTERAKSI TES FORMATIF
URAIAN DAN KECERDASAN
EMOSIONAL. Jurnal Ilmiah
Pendidikan MIPA, 78-96.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.