ANALISIS PERAN EVALUASI FORMATIF DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Titin Sunaryati PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Dinar Sulis Al Saepi PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Nabila Azzahra Chandra PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Ita Rosita Universitas Pelita Bangsa
  • Amanda Aprilia PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16820

Keywords:

Evaluasi formatif, Proses Pembelajaran

Abstract

Evaluasi formatif merupakan salah satu metode untuk mengukur pengetahuan siswa terhadap tahapan pembelajaran di sekolah. Salah satunya berfokus pada perbaikan dan terjadi di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari tindakan penelitian ini yakni untuk mencaritahu tentang peran evaluasi formatif untuk mendukung siswa selama melakukan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, dengan cara mengumpulkan beberapa data dari beberapa referensi. Dapat diharapkan dari hasil penelitian ini agar mengetahui seberapa penting evaluasi formatif dalam membantu siswa dalam proses pembelajaran dan guru dapat menerapkannya di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Hera, H. E. (2021). Penilaian

Sumatif dan Penilaian Formatif

Pembelajaran Online. Report of

Biological Education, 1-10.

Ahyan Mujahidittauhid, N. H. (2024).

Tes Formatif dan Dampaknya

pada Hasil Belajar Siswa pada

Mata Pelajaran PPKn. Indonesian

Journal of Education and

Development Research, 559-569.

Desti Pratiwi, R. A. (2022).

PENYUSUNAN DAN

PELAKSANAAN DESAIN

EVALUASI FORMATIF DI SD

NEGERI PANINGGILAN 06

CILEDUG KOTA TANGERANG.

Jurnal Penelitian Guru Indonesia,

-22.

Firani Putri, S. Z. (2023). Mengukur

Keberhasilan Evaluasi

Pembelajaran: Telaah Evaluasi

Formatif Dan Sumatif Dalam

Kurikulum Merdeka. Jurnal

Pendidikan Sosial dan Humaniora,

-180.

Ina Magdalena, D. N. (2020).

ANALISIS EVALUASI FOEMATIF

DALAM PEMBELAJARAN

MATEMATIKA DI KELAS 1 SDI

ALEXANDRIA. Jurnal Edukasi dan

Sains, 360-374.

Ina Magdalena, H. W. (2020).

ANALISIS INSTRUMEN

EVALUASI FORMATIF PADA

MATA PELAJARAN IPA KELAS IV

SDN SALEMBARAN III. Jurnal

Pendidikan dan Sains, 68-82.

Ina Magdalena, S. O. (2020).

MENGANALISIS PELAKSANAAN

EVALUASI FORMATIF SISWA DI

MI NURUL HUDA KOTA

TANGERANG. Jurnal Pendidikan

dan Ilmu Sosial, 487-495.

L, I. (2019). EVALUASI DALAM

PROSES PEMBELAJARAN.

Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, 920-935.

M.K, P. Z. (2014). Peran Penilaian

Formatif Terhadap Motivasi Belajar

Mahasiswa, Sebuah Tinjauan

Pustaka. Syifa MEDIKA, 56-62.

Prawira, K. A. (2023). Peran Evaluasi

Formatif dalam Menilai

Pemahaman Matematika Siswa di

Lingkungan Pembelajaran Online.

Duniailmu.org, 1-21.

Rissa Puspita Sari, R. A. (2023).

Analisis Keefektifan Penilaian

Formatif Berbantuan Media Oodlu

pada Pembelajaran PPKn di SD.

Progressive of Cognitive and

Ability, 171-179.

Sanawia, R. F. (n.d.). Pelaksanaan

Evaluasi Formatif Dalam Mengukur

Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di

Kelas V SDK TSM Posona. Jurnal

Kreatif Online, 5.

Triana, D. D. (2016). Strategi

Evaluasi Formatif Sebagai

Peningkatan Keterampilan Menari.

Panggung, 1-13.

Triasari Andayani, F. M. (2023).

Peran Penilaian Pembelajaran

Dalam Meningkatkan Prestasi

Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal

Educatio, 924-930.

U.S, S. (2015). HASIL BELAJAR

MATEMATIKA SISWA DITINJAU

DARI INTERAKSI TES FORMATIF

URAIAN DAN KECERDASAN

EMOSIONAL. Jurnal Ilmiah

Pendidikan MIPA, 78-96.

Downloads

Published

2024-10-01

Most read articles by the same author(s)