PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI

Authors

  • Nurlaili Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nurhasanah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Sarmi Yonani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Keywords:

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Peta Konsep, Efektivitas Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan hal yang harus dipilih secara hati-hati, sebab strategi pembelajaran dapat menentukan kualitas dan efektivitas dalam pembelajaran, strategi pembelajaran peta konsep merupaka strategi yang menyederhanakan materi pembelajaran ke dalam sebuah bagan yang saling berhubungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai strategi pembelajaran peta konsep dalam meningkatkan efektivitas belajar pada mata pelajaran SKI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan peta konsep terbukti dapat meningktakan pemahaman peserta didik pada sebuah materi, hal itu disebabkan karena materi menjadi lebih ringkas namun memuat isi yang benar-benar penting untuk dipelajari, sehingga peserta didik tidak merasa bosan seperti ketika mereka hanya membaca buku dengan tulisan atau narasi yang sangat panjang.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, Sri, Strategi Pembelajaran, M, 2019

Asrori, Mohammad, ‘Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran’, EJOURNAL UIN MALANG, 6.2 (2016), 26 <https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301>

Fathurrahman, Arif, Sumardi Sumardi, Adi E Yusuf, and Sutji Harijanto, ‘Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 7.2 (2019), 843–50 <https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334>

Gusti Handayani, ‘Penggunaan Peta Konsep Sebagai Alat Evaluasi’, JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15.2 (2022), 1–6 <https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.12>

Hutahaean, J C P, R Medriati, and Desy Hanisa Putri, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Getaran Harmonik’, … Ilmu Dan Pembelajaran …, 1, 2022 <https://ejournal.unib.ac.id/jipf/article/view/17136%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/index.php/jipf/article/download/17136/10030>

Indriawati, Imam Buchori, Acip, Sekarmaji Sirrulhaq, and Encep Solihutaufa, ‘MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN (LEARNING MODELS AND STRATEGIES)’, Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6 (2021), 274–84

Irfadila, Mimi Sri, ‘Praktikalitas Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Peta Konsep Pada Mata Kuliah Teori Pembelajaran Bahasa Dan Ibm Mahasiswa Program Studi Pbsi Fkip Umsb’, Inovasi Pendidikan, 7.2 (2020), 76–83 <https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2305>

Jais, Ahmad, ‘Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM)’, Sabilarryad, IV.01 (2019), 113–23

Kafi, Muhammad Kafnun, and Mulyawan Safwandy Nugraha, ‘Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Berbasis Kurikulum Merdeka’, AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies, 7.2 (2024), 1077–87 <https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i2.983>

Karim, Abdul, ‘Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping’, Analytical Biochemistry, 11.1 (2018), 1–5 <http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/>

Khasanah, Khuswatun, ‘Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3.2 (2019), 152–64 <https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8>

Marissa, Novaria, ‘Penggunaan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Geografi’, Jurnal MERETAS, 7.1 (2020), 16–33

Muflihuddin, Ahmad, ‘STRATEGI DAN PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIDAYAH LEBAK JAHA’, QATHRUNA: Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan Islam, 53.February (2021), 2021 <https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/>

Napitupulu, Dedi Sahputra, Mahariah, Hikmah Bayani Situmorang, Izma Khoiruna, Djody Priantono, and Viki Rahmadhani, ‘Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Pelajaran SKI’, Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 14.2 (2022), 35–40 <https://doi.org/10.47435/al-qalam.v14i2.1368>

Nurmi, ‘Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik’, STISP Pusaka Nusantara Jakarta, 2023, 1–26

Nuryani, Pupun, ‘Penerapan Model Pemetaan Konsep Dalam Peningkatan Pembelajaran Bermakna Pada Mata Kuliah Landasan Pendidikan’, PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13.1 (2016), 183 <https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i1.3383>

Ratnasabilla, Ninda Eka, Siti Sriyati, and Yanti Hamdiyati, ‘Penerapan Peta Konsep Sebagai Strategi Asesmen Formatif Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Koordinasi (Implementation of Concept Maps as Formative Assessment Strategies in an Effort to Enhance Student Learning Outcomes in Learning Coordination Systems)’, Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4.1 (2021), 16–23 <http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasiDOI:https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i1.29999>

Rohmawati, Afifatu, ‘Efektivitas Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9.1 (2015), 15–32

Roza, Yanti Mulia, Iman Asroa B. S., Nurul Wahyuni, and Kurnia Fitri Andani, ‘Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Integratif Di MTsN Padang Panjang’, Jurnal Abdimas Peradaban, 4.1 (2023), 1–6 <https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.16>

Samsudin, Mohamad, ‘Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar’, Eduprof : Islamic Education Journal, 2.2 (2020), 162–86 <https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.38>

Sari, Nauli Tama, Pariang Sonang Siregar, and Melsa Yuliawati, ‘Penerapan Metode Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6.1 (2022), 625–32 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1972>

Setyosari, ‘Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas’, Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1.1 (2018), 44–55 <https://doi.org/10.32877/eb.v1i1.28>

Sunhaji, ‘Strategi Pembelajaran ’:, INSANIA: JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF PENDIDIKAN, 13.3 (2008), 1–13

Warsita, Bambang, ‘Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran’, Jurnal Teknodik, XIII.1 (2009)

Yulita, Henilia, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning’, Business Management Journal, 10.1 (2017), 106–19 <https://doi.org/10.30813/bmj.v10i1.641>

Zumrotus Sa’diyah, and Firda Zakiyatur Rofiah, ‘Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di Mi Islamiyah Ngasem Bojonegoro’, Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1.2 (2021), 109–14 <https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.510>

Zuraidah Ahmad, Shamsuri Abdullah, and Nurlzamrina Ahmad, ‘Penggunaan Peta Konsep Bagi Menggalakkan Pembelajaran Bermakna (Using Concept Map to Promote Meaningful Learning)’, CiE-TVET: E Processing 10 Th National Cnference in Education Technical & Vocational Education Politeknik Tuanku Syed Sirajuddin, September, 2020, 1–7

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>