E KOMIK PENUNJANG RESPON DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM TUGAS PROYEK PEMBUATAN POSTER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19316Keywords:
E-komik; Literasi Sains; Proyek Poster;Abstract
Kemampuan literasi sains menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar untuk menghadapi era globalisasi. Namun, hasil PISA menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang tumbuhnya repson siswa dalam pembelajaran yang dibuktikan dari hasil respon siswa dan ketuntas tugas proyek poster. penggunaan e-komik sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan literasi sains siswa, khususnya dalam tugas proyek pembuatan poster. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas 5 di SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Data dikumpulkan melalui angket respon siswa serta hasil proyek pembuatan poster yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-komik memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar, minat, serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas proyek poster. Rata-rata skor respon siswa terhadap e-komik adalah 3,30/4, dengan penyelesaian tugas proyek memperoleh skor tertinggi 3,33/4. Dari hasil poster, 25 dari 27 siswa mendapatkan nilai kategori tinggi, dengan rata-rata 10/12. Penilaian poster menonjolkan kreativitas siswa (3,52), akurasi konten sains (3,44), dan relevansi dengan kehidupan sehari-hari (3,22). Penelitian ini menyimpulkan bahwa e-komik merupakan media pembelajaran yang mampu menunjang tumbuhnya respon siswa dalam pembelajaran.Downloads
References
Andriyani, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Penggunaan Media E-Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 45-56.
Angga, D., & Siregar, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 123-136.
Chang, S. &. (2019). Evaluating the Effectiveness of Digital Game-Based Learning: A Longitudinal Study. Journal of Educational Technology, 33-48.
Filjinan, A. (2022). E-Komik: Media Pembelajaran Sains yang Menarik. Jurnal Pendidikan Elektronik, 78-91.
Nana, S., & Rivai, A. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
OECD. (2019). What Students Know and Can Do. OECD Publishing., https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Sadagheyani, H. Z., H., Zamani, B.,, & Bashir, F. (2021). he Role of Multimedia in Enhancing Learning. . Journal of Educational Media, , 65-72.
Sáez-López, J. M., Miller, J.,, & Ballesteros, C. (2019). Gamification and Science Learning: A Comparative Study. International Journal of Educational Research,, 87-95.
Sandi, R., Prasetya, A., & Wibowo, S. (2013). penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 101-110.
Santoso, D., & Kurniawan, E. (2020). Efektivitas E-Komik Berbasis Sains dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi,, 45-56.
Sari, R., Wijaya, T, & Yunita, N. (2019). Pengembangan E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11-21.
Suoth, N. L. (2018). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan,, 33-45.
Sutrisno, A., Pranoto, Y., & Hakim, A. (2021). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 90-105.
Widyaningsih, A., & Ganing, D. (2021). Pengaruh E-Komik Terhadap Motivasi dan Pemahaman Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan,, 67-77.
Wulandari, A. (2018). Efektivitas Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Pendidikan Dasar, 55-66.
Yuliati, L. (2017). Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Sains,, 101-108.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.