IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT PERMATA BUNDA KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Eni Alfiah Universitas PGRI Semarang
  • Bunyamin Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Ghufron Abdullah Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19304

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Karakter Religius, SDIT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan key informan dan objek penelitian adalah masalah yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah daftar pertanyaan wawancara, lembar pencermatan dokumen dan lembar pengamatan observasi. Uji validitas data dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis, tetapi lebih menekankan pada pengumpulan data untuk mendeskripsikan keadaan sebenarnya. Penelitian difokuskan pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program penguatan karakter religius di SDIT Permata Bunda Kabupaten Demak.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implimentasi pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda Kabupaten Demak tidak berdiri sendiri tetapi menyatu dengan program sekolah. Penyusunan program dilakukan oleh tim manajemen sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Hasil dari penyusunan pihak manajajemen kemudian disamapaikan ke koordinator kelas, dari koordinator diteruskan kepada wali kelas masing-masing kelas sehingga implementasi pendidikan religius bisa berjalan sesuai yang direncanakan. Program yang dibuat selama 1 tahun dengan memadukan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dari dinas pendidikan dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Pengorganisasian program penguatan pendidikan karakter dilakukan oleh semua komponen pendukung pendidikan meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan dan orang tua wali murid sesuai dengan peran masing-masing. Pembagian tugas di bawah koordinir wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana. Untuk pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dilakukan dalam semua kegiatan sekolah melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan, dan kegiatan pengembangan diri. Sedangkan pengawasan dilakukan dengan mengevaluasi dan mengadakan perbaikan oleh kepala sekolah selaku penanggung jawab implementasi  pendidikan karakter di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen implementasi  pendidikan karakter  di SDIT Permata Bunda Kabupaten Demak sudah berjalan sesuai dengan teori yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah Syarifah. Pendidikan Karakter religiusSiswa Melalui Pembelajaran Matematika. Pontianak: Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA, Vol 6, 2009.

Goetz, J. P & LeCompte, M. D. 1984. Ethnography and Qualitative Design in Educational Research. San Diego: Academic Press.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Pengembangan PendidikanBudaya dan Karakter religius Bangsa Karakter religius Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat

Maragustam. 2015. Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pendidikan Karakter religius Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Meleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Miftahul Jannah. 2019. Metode Dan Strategi Pendidikan Karakter religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Musfah, J. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru (Melalui Pelatihan dan sumber Belajar Teori dan Praktik). Jakarta: Kencana.

Samani, muchlas & Heriyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter religius Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuanlitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata Syaodih Nana, 2009, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)