PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN SEDAYU KAPUBATEN KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18313Keywords:
Media Diorama, Problem Based Learning, Penelitian dan PengembanganAbstract
Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Adanya penelitian ini untuk mengembangkan media tiga dimensi yaitu media diorama yang berintegrasi dan layak digunakan pada era Kurikulum Merdeka. hal ini bertujuan agar media yang tersedia di sekolah terdapat beragam media. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah model penelitian dan pengembangan menggunakan langkah atau model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yaitu sepuluh langkah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket kepada ahli media dan ahli materi, lalu menyebarkan angket kebutuhan sebelum adanya media diorama dan angket responden setelah adanya media diorama kepada peserta didik dan guru. Teknik analisis data berdasarkan ahli media dan ahli materi menggunakan skala Likert. sedangkan teknik analisis data berdasarkan angket respon guru dan peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian memperoleh hasil skor rata-rata persentase 90%, sedangkan hasil skor rata-rata persentase dari ahli materi yaitu 87,5%. Maka hasil nilai rata-rata dari kedua validator memperoleh sebanyak 89% termasuk dalam rentan 80% - 100%, sehingga dikategorikan “sangat baik”. Hasil angket respon peserta didik yang sudah dihitung pada tabel di atas memperoleh hasil skor persentase rata-rata 96,5%, sedangkan hasil angket respon guru memperoleh skor persentase rata-rata 92%. Maka hasil nilai rata-rata dari kedua responden yaitu 94% termasuk dalam rentan 80 – 100%, sehingga dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan hasil di atas maka dapat dinyatakan bahwa media diorama layak diterima di SDN Sedayu Kendal.Downloads
References
Alnedral. 2016. Strategi Pembelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Anggraini, Lanny., Misiyanto., Mulia, Kharisma Rizqi., dan Nurani, Dwi. 2022. Edisi Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.
Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah dan Zain. 2010 .Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasikkan. Yogyakarta: Kepel Press.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Niswah, Muhtari Matun. 2018. Pengembangan Media Diorama untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas I Tema Kegiatanku Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal. Vol. 1. Diunduh pada 01 September 2021 pukul 12:52 WIB.
Nuraini, F. 2017. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-jurnal Mitra Pendidikan. Volume 1.
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development cet.1. Bandung: Penerbit Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Penerbit Alfabet.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan cet.12. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sunarti, M Subana. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Permada Media Group.
_______________. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Permada Media Group.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyono, Ponco Tri. 2021. Pengembangan Alat Bantu Latihan Smash Bola Voli. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.
Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 3 (2): 181-182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.