MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA DAN KARAKTER WASAKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT TERINTEGRASI STEM PADA SISWA KELAS VA SDN BASIRIH 1 BANJARMASIN

Authors

  • Nor Aida Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhsinah Annisa Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18308

Keywords:

wasaka character, PBL model, process skills

Abstract

The problem in this research is the lack of process skills in science learning and the low value of the WASAKA character, including discipline and hard work, in the learning process. This is caused by learning methods that are still one way, lack of implementation of STEM, and lack of emphasis on character values. Solution efforts were made by combining the Problem Based Learning, Teams Games Tournament and STEM models. This research aims to analyze WASAKA's science process skills and character using Classroom Action Research (PTK). The research subjects were class VA students at SDN Basirih 1 Banjarmasin for the 2023/2024 academic year with 33 students. The data used is qualitative and quantitative. The research results showed an increase in science process skills from 0% to 97% and an increase in WASAKA character from 15% to 94% classically from cycles I to II. In conclusion, the combination of learning models is effective in improving science process skills and WASAKA character.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, S., Annisa, M., & Kusnadi, D. (2018). Penerapan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SDN 045 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).

Angelia, N. (2024). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Seni Musik Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 255-260.

Annisa, M. Pengembangan Modul Ipa Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mengembangkan Karakter Pada Siswa Kelas Va Sdn 007 Tarakan.

Annisa, S. A. W. & M. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning , Talking Stick dan Media Audio Visual di Sekolah Dasar Jurnal Teknologi Pendidikan Dan. 01(02), 365–371.

Arman, A., Annisa, M., & Kartini, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berkarakter Berbasis Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Keterampilan Proses Sains. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 1-10.

Aulia, D., Martaningsih, S. T., & Supriyanto, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas V SDN 8 Sintang. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(3), 98-107.

Dewi, E. M., Annisa, M., & Kunadi, D. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Mengembangkan Karakter pada Siswa Kelas VA SDN 007 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 54-66.

Febrita, I., & Harni, H. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1425-1436.

Fitriani, R., Kholilah, K., Rini, E. F. S., Pratiwi, M. R., Safitri, H., Syiarah, H., & Ramadhanti, A. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.188-194

Fransiska, L., Subagia, I. W., & Sarini, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 1(2), 68. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V1i2.17214

Hisarma, S., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, Purba, P. W. B., Purba, S. R. F., & Kato, I. (2020). Filsafat Pendidikan (Abdul Karim, Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Nomor 1, hal. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Juhji, J. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58-70.

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370

Maulana, M. F., & Annisa, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Team Games Tournament Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1535-1544.

Metroyadi. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Konsep Sumber Daya Alam Dan Penggunaannya Melalui Model Group Investigation Pada Sdn Melayu Tengah Kabupaten Banjar. Tarbiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 91.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81.

Oviana, W. (2013). Peningkatan keterampilan proses mahasiswa PGMI melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA MI. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 1(2), 129-136.

Pebriyanti. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Antara Penggunaan Metode Learning Stars With A Quaestion Dengan Topic Review Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Satu Atap 11 Merangin. 6

Saifurrohman, S. (2014). Pendidikan berbasis karakter. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).

Saputeri, D., & Annisa, M. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Kombinasi Model Problem Based Learning , Snowball Throwing Terintegrasi STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 6(2), 1168–1178.

Shofina, N., & Annisa, M. (2023). Kombinasi Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 63-73.

Sukmawati, S., Jamaluddin, J., Fera, F., Mayangsari, M., Ma’rifatika, N., Fatimah, S., & Febrianto, F. (2022). Inovasi Pembelajaran Menggunakan Media Papan Buletin Pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 672-679.

Syifa, S. A., & Annisa, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2773-2782.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wandhani, S. A., & Annisa, M. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Talking Stick dan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(2), 365-371.

Widya Sukmana, R. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798

Yulanda, Y., & Annisa, M. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Karakter Kesadaran Lingkungan Dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 757-769.

Downloads

Published

2024-12-01

Most read articles by the same author(s)