MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN KARAKTER KAYUH BAIMBAI MUATAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PJBL, CRH, DAN SNOWBALL THROWING TERINTEGRASI STEAM PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Nur Aida Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhsinah Annisa Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32544

Keywords:

Cooperation Skills, Kayuh Baimbai Character, Project Based Learning, Course Review Horay, Snowball Throwing, and STEAM.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya keterampilankerjasama dan karakter kayuh baimbai peserta didik pada muatan IPAS.Penyebabnya meliputi rendahnya kerjasama, redahnya karakter kayuh baimbai,pembelajaran satu arah, dan kurang maksimal penggunaan teknologi. Upayamengatasi masalah ini, penelitian menerapkan model Project Based Learning(PjBL), Course Review Horay (CRH), dan Snowball Throwing terintegrasi STEAMpada muatan IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dankuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam2 siklus dengan 19 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitasguru dan peserta didik, serta angket hasil belajar individu. Analisis data dilakukansecara deskriptif dengan tabel dan interpretasi indikator keberhasilan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat ke kategori "Baik",aktivitas peserta didik meningkat dari 81% (Aktif) pada siklus 1 menjadi 100%(Sangat Aktif) pada siklus 2. Keterampilan kerjasama meningkat dari 62% (CukupTerampil) menjadi 95% (Sangat Terampil), dan Hasil belajar kognitif, afektif, danpsikomotorik juga menunjukkan peningkatan signifikan. Berdasarkan hasil daripenelitian ini adalah bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL),Course Review Horay (CRH), dan Snowball Throwing terintegrasi STEAM padamuatan IPAS kelas V dapat meningkatkan keterampilan kerjasama dan karakterkayuh baimbai peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan modeltersebut sebagai alternatif untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut dalampembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

annisa, D., & Annisa, M. (2024).

Peningkatan Motivasi Dan

Karakter Wasaka Menggunakan

Model Problem Based Learning

Dan Think Pair And Share

Terintegrasi Stem Muatan. 5(3),

3449–3459.

Annisa, M., Abrori, F. M., Prasetio, T.,

Asrani, Prastitasari, H., &

Jannah, F. (2025). Persepsi

Guru Terkait Implementasi

Karakter Wasaka (Berdasarkan

Teori Pendidikan Behavioristik,

Model Pembelajaran Kognitif

Konstruktivistik, Model

Pembiasaan, Model Reward Dan

Punishment). 10, 638–651.

Annisa, M., Asrani, A., Serlinda, S.,

Kasih, S., & Maulana, S. (2022).

Analysis Of Students’ Knowledge

About Natural Disaster Mitigation

In Wetland Areas. Journal Of

Innovation In Educational And

Cultural Research, 3(1), 12–19.

Annisa, M., Asrani, Salima, S. R.,

Handayani, M., & Norhayati, L.

(2022). Identifying Environmental

Awareness Of Indonesian’s

Elementary School Students In

South Kalimantan. International

Journal Of Social Science And

Human Research, 05(05),

1587–1591.

Https://Doi.Org/10.47191/Ijsshr/V

5-I5-06

Annisa, M., Budimansyah, D.,

Hidayat, M., Winarti, A., & Abrori,

F. M. (2024). What Can We

Learn From One-To-One Trials

In Instructional Design? A Case

From Module Development.

Research And Development In

Education (Raden), 4(2),

816–826.

Https://Doi.Org/10.22219/Raden.

V4i2.35763

Annisa, M., Budimansyah, D.,

Hidayat, M., Winarti, A., &

Prasetio, T. (2024).

Implementation Of Stem-

Integrated Modules And Wasaka

Character Values To Improve

Learning Outcomes. Jurnal

Penelitian Pendidikan Ipa,

10(10), 7613–7618.

Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.

V10i10.9063

Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris,

D. (2019). Peningkatan

Kemampuan Berpikir Kreatif

Siswa Dengan Menggunakan

Model Project Based Learning

Berbasis Steam (Science,

Technology, Engineering, Arts

Dan Mathematic) Pada Materi

Asam Dan Basa Di Sman 11

Kota Jambi. Journal Of The

Indonesian Society Of Integrated

Chemistry, 10(2), 14–22.

Https://Doi.Org/10.22437/Jisic.V1

0i2.6517

Ardana, M. R., & Annisa, M. (2024).

Meningkatkan Aktivitas Siswa,

Motivasi, Karakter Wasaka, Dan

Hasil Belajar Menggunakan

Model. 09.

Asyifa, M. D. N., & Suriansyah, A.

(2024). Meningkatkan

Mengembangkan Motorik Halus

Menggunakan Model Project

Based Learning, Direct

Instruction Dan Media Puzzle

Pada Anak Usia Dini. Gawi:

Journal Of Action Research,

4(2), 48–54.

Https://Doi.Org/10.59329/Gawi.V

4i2.174

Bukit, S., Ariastika, D., Noviati, Y., &

Lubis, Y. (2023). Snowball

Throwing Learning Model In

Growing Questioning Skills Of

Elementary School Students: A

Review. Journal Corner Of

Education, Linguistics, And

Literature, 2(4), 343–351.

Https://Doi.Org/10.54012/Jcell.V

2i4.145

Hairunnisa, & Noorhapizah. (2023).

Implementasi Model Panting

Muatan Ppkn Untuk

Meningkatkan Motivasi, Dan

Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn

1 Murung A Hulu Sungai

Tengah. Jurnal Pendidikan,

Bahasa Dan Budaya, 2(4),

215–232.

Https://Doi.Org/10.55606/Jpbb.V

2i4.2413

Handayani, A., & Noorhapizah.

(2023). Meningkatkan Aktivitas

Belajar Dan Motivasi Muatan Ips

Model Printing Siswa Kelas V

Sdn Kelayan Dalam 7

Banjarmasin. Jupeis : Jurnal

Pendidikan Dan Ilmu Sosial,

2(4), 115–122.

Https://Doi.Org/10.57218/Jupeis.

Vol2.Iss4.857

Hernandarias, V., & Annisa, M.

(2024). Meningkatkan

Keterampilan Proses Sains Dan

Karakter Wasaka Menggunakan

Model Problem Based Leraning,

Team Assisted Individualization

Dan Media Audio Visual Pada

Muatan Ipa Siswa Kelas V Sdn

Telawang 4 Banjarmasin.

Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 04(09),

740–759.

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh,

M. (2022). Strategi Guru Untuk

Mencapai Tujuan Pembelajaran

Pada Pembelajaran Matematika

Di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 6(3), 3302–3313.

Https://Doi.Org/10.31004/Basice

du.V6i3.2287

Khalisa, S. I. N., & Annisa, M. (2024).

Kombinasi Model Pbl Dan Make

A Match Terintegrasi Stem Untuk

Meningkatkan Motivasi Dan

Karakter Wasaka Siswa.

Pendas : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 9(3),

713–730.

Maulidah, & Pratiwi, D. A. (2023).

Meningkatkan Kemandirian Dan

Hasil Belajar Siswa

Menggunakan Model Sopran

Muatan Ipa. Jurnal Ilmiah Multi

Disiplin Indonesia, 2(10),

1278–1285.

Mubarok, A. H. (2018). Penerapan

Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Snowball Throwing Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Ips

Siswa Kelas V Sdi Hasyim

Asy’ari Blitar. Journal Of

Education, 6(2), 1–11.

Noorhapizah, Madina, R., Rafianti, W.

R., & Aslamiah, A. (2024).

Meningkatkan Motivasi Dan

Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa Pada Muatan Ipa

Menggunakan Kombinasi Model

Pbl, Nht Dan Make A Match Di

Kelas V Sekolah Dasar.

Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

11(3), 473–484.

Https://Doi.Org/10.17509/Pedadi

daktika.V11i3.77085

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A.,

Prihandoko, Y., Ayuni, H., &

Putri, T. A. S. (2022).

Development Of Hots-Based

Teaching Materials, Multiple

Intelligence, And Baimbai Wood

Characters For River-Bank

Elementary Schools. Edunesia:

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1),

94–107.

Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V4

i1.302

Noorhapizah, & Pratiwi, D. A. (2021).

Pengembangan Bahan Ajar

Berbasis Keterampilan Revolusi

Industri 4.0, Multiple Intelligence

Dengan Muatan Lingkungan

Lahan Basah Dan Kearifan Lokal

Masyarakat Kalimantan Selatan.

Olfah, K., Purwanti, R., & Suriansyah,

A. (2024). Meningkatkan

Aktivitas Dan Keterampilan Kerja

Sama Menggunakan Model

Pembelajaran Solidberbantuan

Media Audio Visual Pada Muatan

Ipas Kelas Iv Sdn Kuin Utara 5

Banjarmasin. 10(September),

435–463.

Pratiwi, D. A., Noorhapizah, Agusta,

A. R., & Azzahra, D. R. (2023).

The Development Of Elementary

School Teaching Materials

Based On Pancasila Students To

Improve The Character Of Kayuh

Baimbai. Atlantis Press Sarl.

Https://Doi.Org/10.2991/978-2-

38476-096-1_13

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat,

S., & Dewi, R. S. (2022).

Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling, 4(6),

337–347.

Https://Doi.Org/10.33387/Bioedu.

V6i2.7305

Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y.,

Aprilia, H., & Candra, G. (2023).

Sosialisasi Penggunaan Gadget

Terhadap Perkembangan

Psikologi Pada Anak Sekolah

Dasar. Jurnal Psikologii Wijaya

Putra, 2(1), 97–100.

Https://Doi.Org/10.54066/Jkb.V2i

1.1557

Rahmi, R., & Annisa, M. (2024).

Meningkatkan Aktivitas Siswa,

Motivasi, Karakter Wasaka Dan

Hasil Belajar Siswa

Menggunakan Model Problem

Based Learning Dan Children

Learning In Science Pada

Muatan Ipa Kelas Vb Sdn Basirih

1 Banjarmasin. Pendas : Jurnal

Ilmiah Pendidikandasar, 9(4),

770–793.

Rania, F. N., & Annisa, M. (2024).

Meningkatkan Keterampilan

Proses Sains Dan Karakter

Wasaka Menggunakan Model

Problem Based Learning Dan

Take And Give Pada Muatan Ipa

Kelas 5 Sdn Tatah Belayung

Baru. 09, 1348–1363.

Rohman, A. D., Musa, M. M.,

Falkhah, A. N., & Annur, A. F.

(2022). Efektivitas Metode

Pembelajaran Berbasis Steam

Terhadap Peningkatan

Keterampilan Siswa Mi / Sd Di

Era Abad 21 Abstrak

Pendahuluan Pendidikan Adalah

Upaya Mempersiapkan Peserta

Didik Melalui Kegiatan

Pembelajaran Yang Dirancang

Untuk Membantu Mereka

Secara. 03(01), 48–58.

Sa’ida, N. (2021). Implementasi

Model Pembelajaran Steam

Pada Pembelajaran Daring.

Jurnal Review Pendidikan

Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan

Dan Hasil Penelitian, 7(2),

123–128.

Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V7

n2.P123-128

Salsabila, S., & Annisa, M. (2024).

Meningkatkan Motivasi Dan

Karakter Wasaka Menggunakan

Model. Pendas : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 09(3),

418–435.

Santi, E. L. (2022). Pendekatan

Steam Pada Project Based

Learning Mewujudkan Merdeka

Belajar Untuk Meningkatkan

Kreativitas Siswa. Jurnal

Pendidikan Dasar, 3(2), 77–81.

Http://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.

Php/Jpd/Article/View/2240

Sarah, Z., & Annisa, M. (2024).

Meningkatkan Motivasi Dan

Karakter Wasaka Menggunakan

Model Problem Based Learning

Dan Numbered Head Together

Terintegrasi Stem Pada Muatan

Ipa Kelas Vb Sdn-Sn Sungai Miai

5 Banjarmasin. Pendas : Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2),

635–637.

Shofina, N., & Annisa, M. (2023).

Kombinasi Problem Based

Learning Dan Model

Pembelajaran Pemaknaan Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Dan

Karakter Wasaka Siswa Sekolah

Dasar. Dikseda: Jurnal

Pendidikan Sekolah Dasar,

1(01), 63–73.

Sitompul, E., & Pratiwi, D. A. (2024).

Meningkatkan Keterampilan

Kerjasama Menggunakan Model

Spirit Dan Media Tts Di Sdn 3

Palam Banjarbaru. 09, 17–23.

Sugiarto, A. R., & Pratiwi, D. A.

(2023). Implementasi Model

Pemimpin Berbantuan Media Vr

Box Dan Aplikasi Kahoot Untuk

Meningkatkan Aktivitas Dan

Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv.

2(3), 528–539.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F.

(2024). Metode Penelitian

Tindakan Kelas (Ptk): Panduan

Praktis Untuk Guru Dan

Mahasiswa Di Institusi

Pendidikan. Pubmedia Jurnal

Penelitian Tindakan Kelas

Indonesia, 1(4), 19.

Https://Doi.Org/10.47134/Ptk.V1i

4.821

Wati, E. K., Maruti, E. S., & Budiarti,

M. (2020). Aspek Kerjasama

Dalam Keterampilan Sosial

Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru

Sekolah Dasar , 4(2), 97–114.

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023).

Implementasi Kurikulum

Merdeka Pada Pembelajaran

Ipas Mi/Sd. Peran Kepuasan

Nasabah Dalam Memediasi

Pengaruh Customer Relationship

Marketing Terhadap Loyalitas

Nasabah, 2(3), 310–324.

Https://Bnr.Bg/Post/101787017/B

sp-Za-Balgaria-E-Pod-Nomer-1-

V-Buletinata-Za-Vota-Gerb-S-

Nomer-2-Pp-Db-S-Nomer-12

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023).

Systematic Literature Review:

Model Pembelajaran Project

Based Learning (Pjbl) Terhadap

Skill Yang Dikembangkan Dalam

Tingkatan Satuan Pendidikan.

Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(3),

2191–2207.

Https://Doi.Org/10.31004/Cendek

ia.V7i3.2463

Yulanda, & Annisa, M. (2023).

Meningkatkan Aktivitas Belajar,

Karakter Kesadaran Lingkungan

Dan Hasil Belajar Di Sekolah

Dasar. Jip: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 1(5), 757–769.

Downloads

Published

2025-08-20

Most read articles by the same author(s)