MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN KARAKTER KAYUH BAIMBAI MUATAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PJBL, CRH, DAN SNOWBALL THROWING TERINTEGRASI STEAM PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32544Keywords:
Cooperation Skills, Kayuh Baimbai Character, Project Based Learning, Course Review Horay, Snowball Throwing, and STEAM.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya keterampilankerjasama dan karakter kayuh baimbai peserta didik pada muatan IPAS.Penyebabnya meliputi rendahnya kerjasama, redahnya karakter kayuh baimbai,pembelajaran satu arah, dan kurang maksimal penggunaan teknologi. Upayamengatasi masalah ini, penelitian menerapkan model Project Based Learning(PjBL), Course Review Horay (CRH), dan Snowball Throwing terintegrasi STEAMpada muatan IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dankuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam2 siklus dengan 19 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitasguru dan peserta didik, serta angket hasil belajar individu. Analisis data dilakukansecara deskriptif dengan tabel dan interpretasi indikator keberhasilan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat ke kategori "Baik",aktivitas peserta didik meningkat dari 81% (Aktif) pada siklus 1 menjadi 100%(Sangat Aktif) pada siklus 2. Keterampilan kerjasama meningkat dari 62% (CukupTerampil) menjadi 95% (Sangat Terampil), dan Hasil belajar kognitif, afektif, danpsikomotorik juga menunjukkan peningkatan signifikan. Berdasarkan hasil daripenelitian ini adalah bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL),Course Review Horay (CRH), dan Snowball Throwing terintegrasi STEAM padamuatan IPAS kelas V dapat meningkatkan keterampilan kerjasama dan karakterkayuh baimbai peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan modeltersebut sebagai alternatif untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut dalampembelajaran.Downloads
References
annisa, D., & Annisa, M. (2024).
Peningkatan Motivasi Dan
Karakter Wasaka Menggunakan
Model Problem Based Learning
Dan Think Pair And Share
Terintegrasi Stem Muatan. 5(3),
3449–3459.
Annisa, M., Abrori, F. M., Prasetio, T.,
Asrani, Prastitasari, H., &
Jannah, F. (2025). Persepsi
Guru Terkait Implementasi
Karakter Wasaka (Berdasarkan
Teori Pendidikan Behavioristik,
Model Pembelajaran Kognitif
Konstruktivistik, Model
Pembiasaan, Model Reward Dan
Punishment). 10, 638–651.
Annisa, M., Asrani, A., Serlinda, S.,
Kasih, S., & Maulana, S. (2022).
Analysis Of Students’ Knowledge
About Natural Disaster Mitigation
In Wetland Areas. Journal Of
Innovation In Educational And
Cultural Research, 3(1), 12–19.
Annisa, M., Asrani, Salima, S. R.,
Handayani, M., & Norhayati, L.
(2022). Identifying Environmental
Awareness Of Indonesian’s
Elementary School Students In
South Kalimantan. International
Journal Of Social Science And
Human Research, 05(05),
1587–1591.
Https://Doi.Org/10.47191/Ijsshr/V
5-I5-06
Annisa, M., Budimansyah, D.,
Hidayat, M., Winarti, A., & Abrori,
F. M. (2024). What Can We
Learn From One-To-One Trials
In Instructional Design? A Case
From Module Development.
Research And Development In
Education (Raden), 4(2),
816–826.
Https://Doi.Org/10.22219/Raden.
V4i2.35763
Annisa, M., Budimansyah, D.,
Hidayat, M., Winarti, A., &
Prasetio, T. (2024).
Implementation Of Stem-
Integrated Modules And Wasaka
Character Values To Improve
Learning Outcomes. Jurnal
Penelitian Pendidikan Ipa,
10(10), 7613–7618.
Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.
V10i10.9063
Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris,
D. (2019). Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kreatif
Siswa Dengan Menggunakan
Model Project Based Learning
Berbasis Steam (Science,
Technology, Engineering, Arts
Dan Mathematic) Pada Materi
Asam Dan Basa Di Sman 11
Kota Jambi. Journal Of The
Indonesian Society Of Integrated
Chemistry, 10(2), 14–22.
Https://Doi.Org/10.22437/Jisic.V1
0i2.6517
Ardana, M. R., & Annisa, M. (2024).
Meningkatkan Aktivitas Siswa,
Motivasi, Karakter Wasaka, Dan
Hasil Belajar Menggunakan
Model. 09.
Asyifa, M. D. N., & Suriansyah, A.
(2024). Meningkatkan
Mengembangkan Motorik Halus
Menggunakan Model Project
Based Learning, Direct
Instruction Dan Media Puzzle
Pada Anak Usia Dini. Gawi:
Journal Of Action Research,
4(2), 48–54.
Https://Doi.Org/10.59329/Gawi.V
4i2.174
Bukit, S., Ariastika, D., Noviati, Y., &
Lubis, Y. (2023). Snowball
Throwing Learning Model In
Growing Questioning Skills Of
Elementary School Students: A
Review. Journal Corner Of
Education, Linguistics, And
Literature, 2(4), 343–351.
Https://Doi.Org/10.54012/Jcell.V
2i4.145
Hairunnisa, & Noorhapizah. (2023).
Implementasi Model Panting
Muatan Ppkn Untuk
Meningkatkan Motivasi, Dan
Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn
1 Murung A Hulu Sungai
Tengah. Jurnal Pendidikan,
Bahasa Dan Budaya, 2(4),
215–232.
Https://Doi.Org/10.55606/Jpbb.V
2i4.2413
Handayani, A., & Noorhapizah.
(2023). Meningkatkan Aktivitas
Belajar Dan Motivasi Muatan Ips
Model Printing Siswa Kelas V
Sdn Kelayan Dalam 7
Banjarmasin. Jupeis : Jurnal
Pendidikan Dan Ilmu Sosial,
2(4), 115–122.
Https://Doi.Org/10.57218/Jupeis.
Vol2.Iss4.857
Hernandarias, V., & Annisa, M.
(2024). Meningkatkan
Keterampilan Proses Sains Dan
Karakter Wasaka Menggunakan
Model Problem Based Leraning,
Team Assisted Individualization
Dan Media Audio Visual Pada
Muatan Ipa Siswa Kelas V Sdn
Telawang 4 Banjarmasin.
Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 04(09),
740–759.
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh,
M. (2022). Strategi Guru Untuk
Mencapai Tujuan Pembelajaran
Pada Pembelajaran Matematika
Di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 6(3), 3302–3313.
Https://Doi.Org/10.31004/Basice
du.V6i3.2287
Khalisa, S. I. N., & Annisa, M. (2024).
Kombinasi Model Pbl Dan Make
A Match Terintegrasi Stem Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan
Karakter Wasaka Siswa.
Pendas : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 9(3),
713–730.
Maulidah, & Pratiwi, D. A. (2023).
Meningkatkan Kemandirian Dan
Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Sopran
Muatan Ipa. Jurnal Ilmiah Multi
Disiplin Indonesia, 2(10),
1278–1285.
Mubarok, A. H. (2018). Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Snowball Throwing Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Ips
Siswa Kelas V Sdi Hasyim
Asy’ari Blitar. Journal Of
Education, 6(2), 1–11.
Noorhapizah, Madina, R., Rafianti, W.
R., & Aslamiah, A. (2024).
Meningkatkan Motivasi Dan
Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Pada Muatan Ipa
Menggunakan Kombinasi Model
Pbl, Nht Dan Make A Match Di
Kelas V Sekolah Dasar.
Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
11(3), 473–484.
Https://Doi.Org/10.17509/Pedadi
daktika.V11i3.77085
Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A.,
Prihandoko, Y., Ayuni, H., &
Putri, T. A. S. (2022).
Development Of Hots-Based
Teaching Materials, Multiple
Intelligence, And Baimbai Wood
Characters For River-Bank
Elementary Schools. Edunesia:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1),
94–107.
Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V4
i1.302
Noorhapizah, & Pratiwi, D. A. (2021).
Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Keterampilan Revolusi
Industri 4.0, Multiple Intelligence
Dengan Muatan Lingkungan
Lahan Basah Dan Kearifan Lokal
Masyarakat Kalimantan Selatan.
Olfah, K., Purwanti, R., & Suriansyah,
A. (2024). Meningkatkan
Aktivitas Dan Keterampilan Kerja
Sama Menggunakan Model
Pembelajaran Solidberbantuan
Media Audio Visual Pada Muatan
Ipas Kelas Iv Sdn Kuin Utara 5
Banjarmasin. 10(September),
435–463.
Pratiwi, D. A., Noorhapizah, Agusta,
A. R., & Azzahra, D. R. (2023).
The Development Of Elementary
School Teaching Materials
Based On Pancasila Students To
Improve The Character Of Kayuh
Baimbai. Atlantis Press Sarl.
Https://Doi.Org/10.2991/978-2-
38476-096-1_13
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat,
S., & Dewi, R. S. (2022).
Pengertian Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling, 4(6),
337–347.
Https://Doi.Org/10.33387/Bioedu.
V6i2.7305
Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y.,
Aprilia, H., & Candra, G. (2023).
Sosialisasi Penggunaan Gadget
Terhadap Perkembangan
Psikologi Pada Anak Sekolah
Dasar. Jurnal Psikologii Wijaya
Putra, 2(1), 97–100.
Https://Doi.Org/10.54066/Jkb.V2i
1.1557
Rahmi, R., & Annisa, M. (2024).
Meningkatkan Aktivitas Siswa,
Motivasi, Karakter Wasaka Dan
Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Problem
Based Learning Dan Children
Learning In Science Pada
Muatan Ipa Kelas Vb Sdn Basirih
1 Banjarmasin. Pendas : Jurnal
Ilmiah Pendidikandasar, 9(4),
770–793.
Rania, F. N., & Annisa, M. (2024).
Meningkatkan Keterampilan
Proses Sains Dan Karakter
Wasaka Menggunakan Model
Problem Based Learning Dan
Take And Give Pada Muatan Ipa
Kelas 5 Sdn Tatah Belayung
Baru. 09, 1348–1363.
Rohman, A. D., Musa, M. M.,
Falkhah, A. N., & Annur, A. F.
(2022). Efektivitas Metode
Pembelajaran Berbasis Steam
Terhadap Peningkatan
Keterampilan Siswa Mi / Sd Di
Era Abad 21 Abstrak
Pendahuluan Pendidikan Adalah
Upaya Mempersiapkan Peserta
Didik Melalui Kegiatan
Pembelajaran Yang Dirancang
Untuk Membantu Mereka
Secara. 03(01), 48–58.
Sa’ida, N. (2021). Implementasi
Model Pembelajaran Steam
Pada Pembelajaran Daring.
Jurnal Review Pendidikan
Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan
Dan Hasil Penelitian, 7(2),
123–128.
Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V7
n2.P123-128
Salsabila, S., & Annisa, M. (2024).
Meningkatkan Motivasi Dan
Karakter Wasaka Menggunakan
Model. Pendas : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 09(3),
418–435.
Santi, E. L. (2022). Pendekatan
Steam Pada Project Based
Learning Mewujudkan Merdeka
Belajar Untuk Meningkatkan
Kreativitas Siswa. Jurnal
Pendidikan Dasar, 3(2), 77–81.
Http://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.
Php/Jpd/Article/View/2240
Sarah, Z., & Annisa, M. (2024).
Meningkatkan Motivasi Dan
Karakter Wasaka Menggunakan
Model Problem Based Learning
Dan Numbered Head Together
Terintegrasi Stem Pada Muatan
Ipa Kelas Vb Sdn-Sn Sungai Miai
5 Banjarmasin. Pendas : Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2),
635–637.
Shofina, N., & Annisa, M. (2023).
Kombinasi Problem Based
Learning Dan Model
Pembelajaran Pemaknaan Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Dan
Karakter Wasaka Siswa Sekolah
Dasar. Dikseda: Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar,
1(01), 63–73.
Sitompul, E., & Pratiwi, D. A. (2024).
Meningkatkan Keterampilan
Kerjasama Menggunakan Model
Spirit Dan Media Tts Di Sdn 3
Palam Banjarbaru. 09, 17–23.
Sugiarto, A. R., & Pratiwi, D. A.
(2023). Implementasi Model
Pemimpin Berbantuan Media Vr
Box Dan Aplikasi Kahoot Untuk
Meningkatkan Aktivitas Dan
Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv.
2(3), 528–539.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F.
(2024). Metode Penelitian
Tindakan Kelas (Ptk): Panduan
Praktis Untuk Guru Dan
Mahasiswa Di Institusi
Pendidikan. Pubmedia Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas
Indonesia, 1(4), 19.
Https://Doi.Org/10.47134/Ptk.V1i
4.821
Wati, E. K., Maruti, E. S., & Budiarti,
M. (2020). Aspek Kerjasama
Dalam Keterampilan Sosial
Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sekolah Dasar , 4(2), 97–114.
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023).
Implementasi Kurikulum
Merdeka Pada Pembelajaran
Ipas Mi/Sd. Peran Kepuasan
Nasabah Dalam Memediasi
Pengaruh Customer Relationship
Marketing Terhadap Loyalitas
Nasabah, 2(3), 310–324.
Https://Bnr.Bg/Post/101787017/B
sp-Za-Balgaria-E-Pod-Nomer-1-
V-Buletinata-Za-Vota-Gerb-S-
Nomer-2-Pp-Db-S-Nomer-12
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023).
Systematic Literature Review:
Model Pembelajaran Project
Based Learning (Pjbl) Terhadap
Skill Yang Dikembangkan Dalam
Tingkatan Satuan Pendidikan.
Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(3),
2191–2207.
Https://Doi.Org/10.31004/Cendek
ia.V7i3.2463
Yulanda, & Annisa, M. (2023).
Meningkatkan Aktivitas Belajar,
Karakter Kesadaran Lingkungan
Dan Hasil Belajar Di Sekolah
Dasar. Jip: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 1(5), 757–769.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.